Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Alfi Lutfiah. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Guru sudah menyiapkan dari sebelumnya gambar dan kosakata yang akan diajarkan pada anak dan sesuai tema pada setiap minggunya.

BACA JUGA:Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

Pada sekolah tersebut dalam 1 minggu guru hanya memberikan 3 kosakata dalam Bahasa Inggris.

Metode pertama yang digunakan yaitu mengenalkan kosakata berupa gambar yang sudah ada nama kosakata tersebut dalam tulisan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab lalu guru menyebutkan kosakata tersebut dalam Bahasa Inggris dan Arab kemudian anak mengikuti pelafalan kosakata tersebut.

Gambar yang ditunjukkan pada anak berupa gambar objek dari kosakata yang sedang dipelajari.

Guru juga membawa bukti fisik dari kosakata yang sedang dipelajari lalu guru mengucapkan cara pelafalan kosakata tersebut dalam Bahasa Inggris yang benar kemudian anak mengikutinya, metode tersebut dilakukan selama 1 minggu, dan Alhamdullillah dengan metode tersebut anak dapat menghafal dan mengingat kosakata yang diajarkan.

BACA JUGA:Pengaruh Faktor Genetik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak

Menurut saya cara tersebut bisa dilakukan pada anak usia dini walaupun 1 minggu hanya mendapatkan 3 kosakata, karena yang terpenting anak mampu mengucapkannya dan mengerti arti dari kosakata tersebut.

Karena tidak semua anak cepat dalam pelafalan dan daya ingat, terutama pada anak yang memiliki keterlambatan dalam bicara itu akan lebih lama lagi dalam belajar pelafalannya.

Dan juga pada anak yang kurang fokus dalam belajar juga akan lebih lama dalam mengingat kosakata tersebut.

Guru tidak perlu tergesa-gesa dalam mengajarkan Bahasa Inggris pada anak usia dini dengan memberikan lebih banyak kosakata yang diberikan dalam satu minggu, karena itu hanya akan membuat anak bosan dan tidak mau lagi belajar kosakata Bahasa Inggris. 

BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif

Guru juga harus bisa membawa suasana  kelas yang asik dan nyaman, karena kelas yang nyaman bisa menjadi sarana belajar anak.

Kosakata yang diajarkan untuk anak usia dini yaitu kosakata yang sering ia temui dan sering ia melihatnya dengan begitu ketika guru memberikan gambar kosakata pada anak, guru menyebutkannya dalam Bahasa Inggris dan Arab, pada sekolah tersebut sudah tidak lagi mengartikan kosakata dengan Bahasa Indonesia.

Jika anak tidak faham mengartikan kosakata Bahasa Inggris dan Arab, lalu anak tersebut bertanya pada guru arti dari kosakata tersebut kemudian barulah guru mengartikannya dengan Bahasa Indonesia bagi anak yang belum mengerti kosakata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: