Gen Alpha Mempunyai Privilege dalam Mempelajari Bahasa Asing

Gen Alpha Mempunyai Privilege dalam Mempelajari Bahasa Asing

Meis Syifa Reillita. Foto : DOK PRIBADI FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Oleh: Meis Syifa Reillita

Penulis adalah Mahasiswi Prodi PG Paud Universitas Muhammadiyah Tangerang

GENERASI Alpha adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan generasi yang lahir setelah Generasi Z.

Mereka adalah anak-anak yang lahir sekitar tahun 2010 hingga 2025.

Menurut beberapa sumber yang penulis baca berdasarkan tren sosial, pengamatan dan penelitian yang sudah dilakukan hingga saat ini, kelebihan Gen Alpha kebanyakan memiliki kemampuan adaptasi yang cepat terhadap teknologi, karena mereka dibesarkan dalam lingkungan yang dikelilingi oleh perangkat digital.

Mereka juga mungkin memiliki pandangan yang lebih inklusif dan beragam karena tumbuh di tengah-tengah kemajemukan budaya global.

BACA JUGA:Pengaruh Apresiasi dalam Mengembangkan Sikap Percaya Diri Anak

Generasi Alpha lebih mampu bersaing dalam menyelami kecanggihan teknologi dan semua yang terkandung di dalamnya, salah satunya kebahasaan dalam hal ini Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa internasional yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari setiap orang di seluruh dunia sehingga hal tersebut perlu diajarkan sedini mungkin.

Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa anak usia dini baiknya diajarkan dan dibiasakan dengan bahasa ibu terlebih dahulu karena mereka akan lebih sering hidup dan beradaptasi dalam lingkungan yang umumnya berbahasa daerah atau berbahasa Indonesia.

Menurut Cindana, Sutarini pada penelitiannya “Analisis Penggunaan Kosakata Bahasa Indonesia di Kalangan Generasi Alpha” disebutkan ada 120 kosakata bahasa baru yang digunakan di antara Generasi Alpha.

BACA JUGA:Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Kosakata tersebut berupa bahasa gaul dan bahasa Inggris yang terdiri dari akronim, singkatan, dan istilah.

Perolehan kosakata bahasa gaul dan bahasa asing banyak diperoleh melalui media sosial yang saat ini viral dan kemudian digunakan oleh anak-anak ketika berkomunikasi dengan teman sebayanya.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa seiring berjalannya waktu dan berkembangnya pengetahuan teknologi dan informasi, Generasi Alpha sebagai generasi yang lahir di era kemajuan teknologi akan tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi masa kini dan masa depan.

Sejalan dengan pendapat Mark McCrindle Seorang demografer Australia yang pertama kali menggunakan istilah Generasi Alpha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: