Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Lagu dan Gerak

Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Lagu dan Gerak

Syahida Nafisa Azzahra. Foto : DOK--

Oleh: Syahida Nafisa Azzahra

Penulis adalah mahasiswi Universitas Muhhammadiyah Tangerang

PENGENALAN bahasa Inggris sekarang menjadi perbincangan para orangtua dan sekolah sebab adanya dorongan bahwa anak harus bisa bahasa Inggris, untuk anak usia dini pengenalan sedini mungkin dan melalui lagu dan gerak yang dirasa dapat mengenalkan dengan cepat.

Pengenalan bahasa Inggris sebagai bahasa asing di TK atau PAUD tentu tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Dibutuhkan proses yang cukup panjang serta keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa guru akan berhadapan dengan individu-individuyang  memilki berbagai macam karakter dan latar belakang, tentunya hal tersebut bukan pekerjaan yang sederhana.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Selain harus memilih materi yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak, guru juga senantiasa harus bisa menciptakan suasana pembelajaran yang menarik agar dalam pelaksanaanya siswa tidak merasa jenuh.

Anak usia dini sampai usia enam tahun yaitu usia yang sangat menentukan dalam pembentukan perkembangan yang cukup unik dan pesat (Wiyani, 2012).

Perkembangan bahasa adalah salah satu perkembangan yang penting dimiliki oleh anak, dengan kemampuan bahasa anak bisa mengidentifikasi dirinya, serta berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain.

BACA JUGA:Peran Bahasa Inggris dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Globalisasi

Dapat disimpulkan bahwa usia dini adalah masa peka yang sangat penting bagi anak karena pada tahap masa peka inilah, masa yang tepat untuk mengembangkan segala aspek kemampuan anak usia dini seperti perkembangan bahasa.

Sebab bahasa diperlukan dalam berkomunikasi dengan lingkungan di dalam suatu masyarakat   Belajar bahasa yang sangat krusial terjadi pada anak sebelum enam tahun melalui interaksi yang dilakukan oleh anak baik salah satunya di sekolah bersama guru. 

Bahasa mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan.

BACA JUGA:Gen Alpha Mempunyai Privilege dalam Mempelajari Bahasa Asing

Pembahasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: