Gen Alpha Mempunyai Privilege dalam Mempelajari Bahasa Asing

Gen Alpha Mempunyai Privilege dalam Mempelajari Bahasa Asing

Meis Syifa Reillita. Foto : DOK PRIBADI FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

BACA JUGA:Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Generasi Alpha hampir semuanya memiliki orangtua angkatan milenial, yang terbuka dan banyak dipengaruhi budaya asing, sehingga Generasi Alpha semakin mudah untuk mempelajari bahasa asing.

Belum lagi, dalam beberapa kasus, banyak anak Generasi Alpha lebih mudah memahami bahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia sendiri.

Alasannya karena penggunaan bahasa Inggris lebih mudah dipahami, didengar dan diucapkan dibanding bahasa Indonesia.

Penulis sendiri adalah termasuk Generasi Zoomer atau biasa disebut Gen Z, yang mana mengalami sendiri tumbuh di tengah revolusi dan perubahan pesat kecanggihan teknologi hingga saat ini.

BACA JUGA:Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Menurut beberapa teori, memang tumbuh di tengah revolusi teknologi membuat Generasi Z pun mempunyai privilege dalam mempelajari dan menggunakan inovasi kecanggihan teknologi mulai dari munculnya ponsel pintar, media sosial dan aplikasi serta platform lain.

Namun, tidak semua Generasi Z mampu mengakses semua itu dengan mudah dikarenakan teknologi saat itu belum menjadi kebutuhan penting untuk beberapa orang.

Berbeda dengan saat ini, kecanggihan teknologi justru menjadi kebutuhan sangat penting untuk berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari komunikasi, pendidikan, bisnis, hiburan, hingga kesehatan.

Bisa dibayangkan tanpa teknologi, banyak proses yang biasanya dilakukan dengan mudah dan efisien akan menjadi jauh lebih sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan.

BACA JUGA:Faktor yang Mempengaruhi Sulitnya Normalisasi Pendidikan Bahasa Inggris di Pedesaan

Oleh karena itu, pemahaman dan pemanfaatan teknologi yang efektif menjadi kunci untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam kehidupan modern. 

Pertumbuhan Generasi Alpha di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini, menjadikan Generasi Alpha memiliki keuntungan lebih dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan salah satunya mempelajari bahasa asing.

Menurut penulis, tentu hal ini menjadi penting untuk seseorang khususnya Generasi Alpha untuk mempelajari bahasa asing dalam kesehariannya.

Mempelajari bahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris bukan lagi menjadi pilihan untuk seseorang melainkan menjadi suatu keharusan agar seiring berkembangnya zaman, generasi bangsa Indonesia tidak tertinggal dalam menghadapi kecanggihan teknologi seiring waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: