Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Nurkhilaliyah Suwandi. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Oleh: Nurkhilaliyah Suwandi

Penulis adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang

BAHASA Inggris merupakan salah satu bahasa terpenting di dunia saat ini.

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang dapat membantu kita dalam segala hal aspek kehidupan, misalnya sebagai sarana berkomunikasi, perdagangan, sosial budaya, hiburan, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan teknologi.

Menyadari bahwa pentingnya pengguasaan Bahasa Inggris, maka Pemerintah Indonesia mengeluarkan: Undang–Undang Sisdiknas (2003:15) ”Bahasa asing dapat digunakan sebagai bahasa pengantar pada satuan pendidikan tertentu untuk mendukung kemampuan berbahasa asing peserta didik.”

Itulah salah satu alasan terpenting mengapa kita harus mempelajari Bahasa Inggris di sekolah.

BACA JUGA:Penyebab Timbulnya Masalah Hukum di Bidang Kesehatan

Menyadari akan pentingnya Bahasa Inggris di masa depan, maka pembelajaran Bahasa Inggris harus diberikan dan diterapkan sedini mungkin di setiap jenjang pendidikan di Indonesia.

Namun, posisinya sebagai bahasa asing di Indonesia membuat pengajaran Bahasa Inggris mempunyai tantangannya tersendiri.

Bahasa Inggris telah diajarkan di Negara ini sejak lama, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Universitas, namun hal ini tidak menjamin siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. 

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini juga sangatlah penting, karena pada dasarnya anak usia dini memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap sestuatu yang belum pernah diketahuinya.

BACA JUGA:Selamatkan Remaja Indonesia dari Perzinaan!

Selain itu, pembelajaran Bahasa Inggris sejak dini merupakan masa emas untuk belajar bahasa asing.

Anak-anak yang belajar bahasa asing sewaktu masih muda akan memiliki capaian atau hasil kecakapan yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang mulai belajar ketika sudah dewasa.

Sebagai tenaga pendidik kita bisa mengajarkan mereka dengan berbagai cara, misalnya dengan bernyanyi, menggambar atau bermain game sambil belajar.

Agar mereka mampu berbahasa Inggris secara bertahap, walaupun hanya pengenalan akan tetapi sangat penting untuk membantu mereka dalam mempelajari Bahasa Inggris sebelum mereka masuk ke Sekolah Dasar (SD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: