Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

Lu’lu Lutfiah Padlah. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

"Peran Lingkungan Keluarga dalam Perkembangan Perilaku Anak Usia Dini"

Oleh: Lu’lu Lutfiah Padlah

Penulis adalah mahasiswa PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Tangerang

LINGKUNGAN keluarga adalah Pilar utama untuk membentuk baik buruknya pribadi manusia agar berkembang dengan baik dalam beretika, moral dan akhlaknya.

Peran Keluarga dapat membentuk pola sikap dan pribadi anak, juga dapat menentukan proses pendidikan yang diperoleh anak, tidak hanya di sekolah akan tetapi semua faktor bisa dijadikan sumber pendidikan.

Lingkungan keluarga juga dapat berperan menjadi sumber pengetahuan anak, juga dapat berpengaruh terhadap keberhasilan prestasi siswa.

BACA JUGA:Pengaruh Faktor Genetik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak

Anak dalam kandungan sampai usia lanjut atau liang lahat akan mendapatkan pendidikan, baik dari lingkungan keluarga (pendidikan informal), lingkungan sekolah (pendidikan formal) maupun lingkungan masyarakat (nonformal).

Lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan perilaku anak usia dini.

Pada masa ini, otak anak berkembang sangat cepat, dan pengalaman serta interaksi dalam keluarga membentuk dasar dari perilaku mereka di masa depan.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan perhatian, kasih sayang, dan bimbingan yang positif dari orang tua mereka cenderung berkembang dengan lebih baik secara emosional dan sosial.

BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif

Lingkungan keluarga melibatkan berbagai aspek, seperti pola asuh, komunikasi atau interaksi dalam keluarga, dan pengaruh sosial-ekonomi dan budaya.

Misalnya, anak yang tumbuh dalam keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang biasanya menunjukkan perilaku yang lebih positif dan mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan sosial.

Sebaliknya, anak yang hidup dalam lingkungan keluarga yang penuh konflik atau kurang perhatian mungkin mengalami kesulitan dalam perkembangan perilaku dan emosional mereka.

Jadi, lingkungan keluarga yang suportif dan positif sangat penting dalam membentuk perilaku anak usia dini.

Dengan menciptakan suasana rumah yang aman dan penuh kasih sayang, orang tua dapat membantu anak-anak mereka tumbuh menjadi individu yang sehat, bahagia, dan mampu berinteraksi dengan baik di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: