Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Alfi Lutfiah. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Pembelajaran Bahasa Inggris baiknya guru mengajarkan Bahasa Inggris pada anak usia dini kosakata terlebih dahulu, kosakata semua benda yang ia sering lihat keberadaannya seperti benda yang ada dikamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, taman, dan sekolah.

BACA JUGA:Menggabungkan Pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Berbasis Permainan

Guru mengajarkannya sesuai dengan tema setiap harinya misalnya, dalam satu minggu anak mendapatkan tiga kosakata dalam Bahasa Inggris dengan tema benda yang ada di kamar tidur sampai semua benda yang ada di kamar tidur sudah dipelajari semua.

Ketika tema sudah selesai kemudian lanjut pada tema selanjutnya sampai semua kosakata pada tema sudah diajarkan.

Tidak perlu terlalu banyak memberikan kosakata pada anak, seminggu mendapat tiga kosakata saja asalkan anak sudah hafal dan paham.

Jika guru konsisten dalam memberikan pengajaran pada anak, anak akan lebih cepat bisa dan lebih cepat merespon berbahasa Inggris.

BACA JUGA:Fenomena Pinjol dan Judi Online: Gagalnya Revolusi Mental?

Guru juga harus membedakan antara anak yang mampu menghafal kosakata dalam waktu yang cepat dan anak yang menghafal kosakata membutuhkan waktu beberapa hari, dalam hal ini jangan disamakan dalam pengajarannya.

Jika pada anak yang cepat merespon kosakata dalam Bahasa Inggris, guru bisa memberikan tiga sampai empat kosakata dalam satu minggu akan tetapi, untuk anak yang kurang merespon guru harus lebih konsisten lagi dalam mengajarkannya dan harus selalu mengulang kosakata tersebut karena anak harus dilatih setiap hari agar kosakata yang diberikan dapat direspon dan dapat dipahami oleh anak.

Setelah anak sudah faham kosakata kemudian guru akan bertanya pada anak seputar kosakata tersebut, jika anak menjawab dengan benar maka ia akan dibolehkan masuk kelas.

Pada sekolah tersebut kosakata yang anak telah fahami akan  menjadi kunci untuk masuk ke dalam kelas.

BACA JUGA:Komunikasi dalam Bingkai Disrupsi di Era Digital

Saran dan Solusi

Untuk anak-anak  usia dini metode ini sangat cocok untuk diterapkan agar anak bisa berbicara Bahasa Inggris.

Jadi orang tua tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, karena anak akan dapat mengucapkan Bahasa Inggris dengan metode ini asalkan orang tua  mengajarkannya dengan konsisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: