Waspada! Hujan Badai Disertai Petir di Sejumlah Wilayah Sumsel, Ini Perkiraan Cuaca Hari Ini

Waspada! Hujan Badai Disertai Petir di Sejumlah Wilayah Sumsel, Ini Perkiraan Cuaca Hari Ini

Ilustrasi Hujan Petir. Foto : DOK/DISWAY--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID – Pada hari ini Rabu, 11 Januari 2023 diperkirakan beberapa wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) akan diguyur hujan badai dan petir pada siang hingga dini hari. 

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hari ini akan turun hujaan lebat seperti Daerah Pagaralam, Talang Ubi, Indralaya, dan Kayu Agung.

Serta waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga sore hari.

Pada wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Empat Lawang, Lahat, OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Palembang. 

BACA JUGA:Sepanjang 2022, BPH Migas dan Polisi Amankan 1,42 Juta Liter Penyalahgunaan BBM Subsidi, Sumsel Terbanyak

BACA JUGA:KPK Tetapkan 28 Mantan Anggota DPRD Jambi Jadi Tersangka, 10 Orang Langsung Ditahan

Diperkirakan juga pada malam hingga dini hari di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, OKI, Prabumulih, Palembang, Ogan Ilir, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, OKU, dan OKU Timur,” yang dikutip Palpres.com pada laman resmi BMKG. 

Cuaca di sebagian wilayah Sumsel ada juga yang akan diguyur hujan sedang di daerah Baturaja, Lahat, Martapura, dan Tebing Tingi.

Sedangkan di Lubuklinggau, Muaradua, Muara Enim, Muara Rupit, dan Sekayu hujan ringan pada siang hari yang juga diperkirakan oleh BMKG.

Untuk di daerah Indralaya, Kayu Agung, Lubuk Linggau, Palembang, Muara Enim, Pangkalan Balai dan Talang Ubi hujan sedang dan di daerah Sekayu dan Prabumulih cerah berawan.

BACA JUGA:Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap di Bandara, KPK Sebut Hendak Kabur ke Luar Negeri

BACA JUGA:Waspada Bola Lato-lato Pecah dan Membutakan Mata

Pada malam hari hujan sedang di daerah Palembang, Sekayu dan Prabumulih.

Kemudian hujan petir di daerah Indralaya dan Kayu Agung.

Pada dini hari di sebagian daerah Sumatera Selatan mengalami hujan sedang di darah Muara Rupit dan Sekayu.

Untuk suhu di wilayah Sumsel pada hari ini diperkirakan berkisar 20 hingga 31 derajat Celcius, sedangkan kelembapan berkisar 60 hingga 100 persen.

BACA JUGA:JPU Tuntut Terdakwa Pemerkosaan 7 Bulan, Kajari Lahat Dicopot, Kementerian PPPA Beri Tanggapan Begini

Ada beberapa hal yang harus dan wajib kamu hindari pada saat hujan lebat dan disertai petir. 

Walaupun kamu di dalam rumah, itu tidak menutup kemungkinan akan terus aman.

Karena, di dalam rumah juga ada aktivitas-aktivitas yang dapat membahayakan kamu jika dilakukan saat hujan deras apalagi disertai petir. 

Berikut hal yang harus kamu hindari saat hujan petir, yang dikutip dari Yoursay.id.

BACA JUGA:Kisah Legenda Candi Bumi Ayu

1. Pada saat hujan petir usahakan kamu berada diruang yang tertutup dan jangan duduk didekat jendela karena, saat hujan petir angin akan bertiup kencang sehingga pepohonan didekat rumah kamu bisa saja roboh dan menimpa kaca rumahmu. Seperti yang kita ketahui bahwasannya peralatan elektronik sangat mudah menghantarkan listrik.

2. Tidak memainkan barang elektronik, seperti yang kita ketahui bahwa barang elektronik adalah barang yang paling sering digunakan dan paling banyak menggunakan tenaga listrik. Apalagi Handphone/HP barang yang paling digemari, tetapi usahakan jangan memainkan Handphone pada saat hujan petir agar aman dan kejadian tidak diinginkan tidak akan terjadi 

3. Jangan berada ditempat terbuka, saat hujan petir usahakan kamu berada diruangan, karena petir bisa menyambar apapun itu yang ada diluar ruangan. 

4. Jika hujan deras disertai petir kamu sedang dijalan, jangan berteduh di bawah pohon. Meskipun pohon tersebut besar dan rindang itu bukan tempat yang aman untuk berlindung, karena petir biasanya menyambar pohon dan menyebabkan pohon tumbang.

BACA JUGA:Belum Temukan Pengelolaan BBM Ilegal di Kabupaten PALI Sumsel

5. Jangan menyentuh benda Logam karena benda yang terbuat dari logam bisa mengantarkan arus listrik jadi, logam bisa membuat kamu berbahaya jika menyentuhnya saat hujan lebat dan petir. 

Kemudian, Air juga bisa mengantarkan arus listrik. 

Jadi ketika hujan turun pastikan aliran listrik seperti kabal, stopkontak atau benda-benda lain yang berhubungan dengan listrik pastikan berada di tempat yang aman dan tidak tersentuh air, agar dapat menghindari bahaya.

Oleh sebab itu, pada saat musim hujan usahakan untuk selalu melindungi diri dan keluarga dari hal-hal yang bisa membuat hal buruk terjadi. (*)



 

Artikel ini sudah tayang di Palpres.com dengan judul Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan Rabu 11 Januari 2023: Waspada Hujan Petir di Sejumlah Daerah Sumsel

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com