Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Jumat 26-07-2024,19:44 WIB
Reporter : Intan Maharani
Editor : Andre

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini

Oleh karena itu dengan adanya kegiatan pengenalan bahasa Inggris melalui lagu atau nyanyian dapat membantu anak merasakan lingkungan yang nyaman, kemudian membantu otak kita untuk berkonsentrasi, membuat kelas yang membosankan dapat menjadi menyenangkan dan menarik dengan penggunaan lagu, karena terlihat menjadi santai.

Selain itu, penggunaan lagu tidak hanya memainkan peran penting dalam mempelajari bahasa lain tetapi juga meningkatkan minat dan perhatian anak untuk belajar bahasa lain yaitu bahasa asing yang bagi mereka adalah bahasa kedua.

Dengan cara yang sama, lagu juga membantu anak untuk mengenali atau berurusan dengan kata-kata baru yang akan menarik perhatian mereka sehingga akan meningkatkan kosakata mereka.

Kemudian meningkatkan kemampuan auditif dapat dikembangkan ketika anak-anak bernyanyi bersama-sama.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Membentuk Perilaku dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Melalui lagu anak akan menemukan cara belajar mengenal bahasa Inggris yang menyenangkan.

Setelah menyanyikan lagu asing atau lagu yang berasal dari daerah lain khususnya bahasa Inggris dalam hal, seperti lagu "angka number" yang diberikan guru sebelum memulai masuk ke dalam kelas, anak-anak akan mengenal kata-kata asing (bahasa Inggris).

Lagu juga dapat meningkatkan kemampuan dan minatnya terhadap bahasa dan budaya bangsa lain seperti bahasa Inggris.

Lebih luas lagi melalui lagu, guru dapat memperkenalkan dan merangsang ketertarikannya pada materi yang lainnya, seperti berhitung melalui bahasa Inggris.

BACA JUGA:Sebanyak Apakah Manfaat dari Menanamkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Dengan lagu anak dapat mengikuti pembelajaran dengan cara nyata atau konkret sehingga mampu membuat anak menjadi lebih senang dan gembira, yang diarahkan pada suatu kondisi psikis untuk membangun jiwa yang gembira, senang menikmati keindahan lagu yang dinyanyikan disertai dengan gerakan, mengembangkan rasa melalui bernyanyi yaitu ungkapan kata dan nada yang dirangkai hingga menjadi sebuah lagu, serta ritmik yang memperindah suasana belajar.

Adapun lagu yang baik bagi kalangan anak usia dini ataupun Taman Kanak-kanak adalah lagu yang memperhatikan kriteria sebagai berikut lirik atau kalimatnya tidak terlalu panjang, mudah dihafal oleh anak, ada misi pendidikan, sesuai karakter dan dunia anak, nada yang diajarkan mudah dikuasai anak.

Karena mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia, tentunya proses pembelajaran dalam pengenalan aspek bahasa Inggris memerlukan pendekatan yang tepat dan efektif di dalam penerapannya khususnya di kelas, hal ini dikarenakan bahasa inggris bukan bahasa utama anak.

Di dalam hal ini, nyanyian atau lagu digunakan sebagai teknik mengajar di dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Lagu yang diterapkan merupakan lagu yang memiliki lirik singkat dan mudah dipahami oleh anak.

BACA JUGA:Faktor yang Mempengaruhi Sulitnya Normalisasi Pendidikan Bahasa Inggris di Pedesaan

Kategori :