Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Jumat 26-07-2024,19:44 WIB
Reporter : Intan Maharani
Editor : Andre

Guru memberikan kegiatan pengenalan bahasa Inggris di kelas dengan pemberian contoh sebuah nyanyian atau lagu yang saat itu adalah tema diriku dengan subtema kesukaanku, anak diberikan pertanyaan buah kesukaan mereka apa.

Kemudian guru memberikan gambar buah yang masing-masing jumlahnya berbeda yaitu nanas satu, dua jeruk, manga tiga, apel empat dan pisang lima.

BACA JUGA:Pengaruh Asupan Gizi Seimbang Terhadap Perkembangan Intelektual Anak Usia Dini

Kemudian guru juga menyediakan buah asli sebagai pembelajaran konkret agar anak tertarik dengan apa yang dipelajari.

Adapun lagu yang yang dicontohkan oleh guru saat itu adalah lagu Buah (fruit) Banana pisang, Banana pisang, Orange jeruk, Pineapple Nanas, Pineapple Nanas, Mango Mangga, Apel itu apple, Apel itu apple, Nama buah.

Anak-anak dan semua guru pendamping membaca surah serta menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris yang telah diajarkan di kelas sebelumnya dalam pengenalan bahasa Inggris.

Mengamati bahwa semua anak berdiri untuk meniru guru dan mereka menunjukkan keinginan besar untuk berpartisipasi di dalam lingkaran besar, walaupun di lagu tersebut dalam bentuk lirik bahasa dan bahasa Inggris.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Selain itu, anak-anak ingin berpartisipasi dengan maju di depan untuk memimpin teman-teman bernyanyi dengan gerakan mengangkat gambar yang mereka dapat masing-masing ketika lirik diucapkan anak harus mengangkat gambar yang sesuai dengan lirik.

Mereka juga tampak sangat senang ketika melakukan kegiatan melalui lagu atau nyanyian.

Anak mengikuti instruksi guru dan mereka bertindak dengan tenang sembari bernyanyi dengan gerakan dan ekspresi yang berbeda dari masing-masing anak.

Selain itu, mereka terlihat lebih antusias, dan mereka merasa lebih terlibat karena lagu yang begitu akrab didengar anak dengan nada lirik yaitu lagu anak babyshark.

BACA JUGA:Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

Kegiatan pengenalan bahasa inggris melalui kegiatan pengenalan Bahasa inggris melalui lagu, membuat anak dapat menunjukkan bakat yang lebih besar yang dimilikinya, yaitu yang ditunjukkan melalui perilaku mereka ketika menampilkan bakatnya dalam bernyanyi.

Kegiatan kelas yang melibatkan lagu memungkinkan anak untuk menggunakan semua kemampuan mereka dan oleh karena itu, anak tidak bosan dan mereka merasa lebih termotivasi untuk belajar.

Penting untuk menyoroti fakta bahwa anak lebih bersedia untuk berpartisipasi ketika guru menggunakan lagu.

Kategori :