Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Jumat 26-07-2024,19:44 WIB
Reporter : Intan Maharani
Editor : Andre

Alasan untuk ini bisa jadi lagu merangsang siswa untuk berpartisipasi lebih aktif.

BACA JUGA:Pengaruh Faktor Genetik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak

Lagu yang disertai dengan gerakan efektif untuk membuat kelas pengenalan bahasa Inggris menjadi menarik dan menyenangkan sambil menggunakan bentuk komunikasi otentik yang sesuai dengan perkembangan untuk anak.

Oleh karena itu dengan adanya kegiatan pengenalan bahasa Inggris melalui lagu atau nyanyian dapat membuat anak merasakan lingkungan yang nyaman, kemudian membantu otak kita untuk berkonsentrasi, membuat kelas yang membosankan dapat menjadi menyenangkan dan menarik dengan penggunaan lagu, karena terlihat menjadi santai.

Selain itu, penggunaan lagu tidak hanya memainkan peran penting dalam mempelajari bahasa lain tetapi juga meningkatkan minat dan perhatian anak untuk belajar bahasa lain yaitu bahasa asing yang bagi mereka adalah bahasa kedua.

Dengan cara yang sama, lagu juga membantu anak untuk mengenali atau berurusan dengan kata-kata baru yang akan menarik perhatian mereka sehingga akan meningkatkan kosakata mereka.

BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif

Kemudian meningkatkan kemampuan auditif dapat dikembangkan ketika anak-anak bernyanyi bersama-sama.

Melalui lagu anak akan menemukan cara belajar mengenal bahasa Inggris yang menyenangkan.

Lebih luas lagi melalui lagu, guru dapat memperkenalkan dan merangsang ketertarikannya pada materi yang lainnya, seperti berhitung melalui bahasa Inggris.

Setelah saya melakukan observasi pada sekolah tersebut sekolah anak usia dini yang menerapkan pembelajaran bahasa inggris dengan cara bernyanyi untuk usia dini.

Pada saat saya mengamati bahwa semua anak berdiri untuk meniru guru dan mereka menunjukkan keinginan besar untuk berpartisipasi di dalam lingkaran besar, walaupun di lagu tersebut dalam bentuk lirik bahasa dan bahasa Inggris. Selain itu, anak-anak ingin berpartisipasi dengan maju di depan untuk memimpin teman-teman bernyanyi denagn gerakan mengangkat gambar yang mereka dapat masing-masing ketika lirik diucapkan anak harus mengangkat gambar yang sesuai dengan lirik.

BACA JUGA:Menggabungkan Pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Berbasis Permainan

Di waktu yang berbeda yaitu waktu anak-anak istirahat mereka benar-benar masih terlihat antusias dengan nyanyian yang diberikan oleh guru dikelas, beberapa anak-anak ada yang bernyanyi lagu buah sambil bergoyang saat mereka bermain outdoor dihalaman sekolah.

Secara umum, lingkungan kelas menjadi lebih positif dan ceria ketika ada kegiatan menyanyikan lagu buah yang diulang-ulang, jika kita membandingkannya dengan kelas tanpa nyanyian maka kegiatan benar-benar menoton tanpa ada suara keriangan dari anak-anak, hampir semua anak menunjukkan minat pada kelas jika menyanyikan lagu untuk mengenal bahasa Inggris, walaupun ada tiga anak yang bernyanyi dengan suara dan malu tetapi tanpa mengurangi keriangan anak tersebut.

Dalam keadaan ini, saya mengamati bahwa anak-anak merasa lebih terjaga atau lebih kondusif ketika ada kegiatan menyanyikan lagu.

Kategori :