Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Hidayah Dwi Nur. A. Foto : DOK PRIBADI FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Maksudnya, “media sering disebut sebagai alat komunikasi. Istilah ini merujuk pada alat yang membawa informasi dari sumber pesan kepada tujuan, yakni pendengar atau penerima pesan.”

Dalam kehidupan sehari-hari, televisi, radio, koran, majalah, selebaran, baleho, poster, semua adalah media.

BACA JUGA:Penggunaan Metode Read Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini

Semua media tersebut digunakan untuk mempermudah perpindahan informasi. Dalam kegiatan belajarmengajar, media sering digunakan guru untuk membantu prosen kegiatan belajar siswa agar lebih mudah.

Dengan cerita bergambar atau gambar berseri, siswa dapat mengembangkan ide atau cerita mereka berdasarkan gambar dan mengungkapkannya dengan gaya bahasa dan pilihan kata mereka sendiri.

Wright (1997:136) menyatakan, “Picture strip story is a story which has been separated into smaller segments from beginning to end. These story segments do not have to contain much or many text at all. In fact, a strip story could insist entirely of pictures similar to what one would find in a comic book.”

Artinya, “picture strip story adalah cerita yang telah dipisah into beberapa segmen yang lebih kecil dari awal hingga akahir. Cerita-cerita ini tidak memiliki banyak teks atau kata-kata sama sekali. Kenyataannya, picture strip story dapat berupa hanya gambar, sama seperti yang ada di komik.”

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Membentuk Perilaku dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Saran dan Solusi

Dari pembahasan dalam opini ini, saran penulis adalah sebagai berikut:

1) Belajar bahasa Inggris harus dengan sungguh-sungguh dan yakin bahwa kita pasti bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

2) Dalam memulai belajar speaking bahasa Inggris, kita harus memperhatikan beberapa teori yang ada sehingga memudahkan dalam belajar.

BACA JUGA:Sebanyak Apakah Manfaat dari Menanamkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Ada tiga teori dalam mempelajari bahasa asing (Elsjelyn, 2014) yaitu:

Behaviorism Theory (Teory Tingkah Laku)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: