Ilmu Pendidikan dan Isu-isu Kritis Bahasa Inggris AUD

Ilmu Pendidikan dan Isu-isu Kritis Bahasa Inggris AUD

Sri Nurlela. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Selain meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi lebih satu bahasa memungkinkan mereka berkomunikasi lebih efektif dan cepat dalam berbagai situasi.

BACA JUGA:Pengaruh Faktor Genetik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak

Kemampuan bilingual membantu anak dalam melakukan multitasking dan memahami dua bahasa dalam satu waktu.

Adapun jika seorang pendidik sedang berkomunikasi dengan wali murid, atau seorang siswa sedang berkomunikasi dengan pendampingnya maka mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai kata pengantarnya.

Sekolah yang letaknya di taman royal cipondoh Kota Tangerang ini cukup terkenal karena sekolah ini termasuk sekolah inklusi dan tidak sedikit murid yang bersekolah disana, di sekolah tersebut juga tersedia dari jenjang preschool hingga jenjang SMP yang semuanya menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari selama masih di area lingkungan sekolah. 

BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif

Saran dan Solusi 

Menurut buku ilmu pendidikan (Mawardi) yang saya baca, Tutwuri berarti mengikuti dari belakang dengan penuh perhatian dan penuh tanggung jawab berdasarkan cinta dan kasih sayang yang bebas dari pamrih dan jauh dari sifat authoritative, possessive, protective dan permissive yang sewenang-wenang.

Sedangkan handayani berarti memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan anak didik atas inisiatif sendiri dan pengalaman sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya. 

Sebagai orang yang statusnya sebagai pendidik disarankan kuat untuk menggali ilmu kembali karena seiringnya waktu zaman terus berkembang, Ki Hajar Dewantara memberikan statemen bahwa “didiklah anakmu sesuai zamannya”.

BACA JUGA:Menggabungkan Pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Berbasis Permainan

Maka didiklah anak didikmu sesuai dengan zaman yang sudah berdampingan dengan digital. Disisi lain, Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang harus kita pelajari di era sekarang.

Terlebih, saat kita  menjadi seorang pendidik.

Keterlibatan orang tua dan masyarakat juga sangat penting dalam penerapan belajar digital dan program bilingual.

BACA JUGA:Komunikasi dalam Bingkai Disrupsi di Era Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: