Ilmu Pendidikan dan Isu-isu Kritis Bahasa Inggris AUD

Ilmu Pendidikan dan Isu-isu Kritis Bahasa Inggris AUD

Sri Nurlela. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Oleh: Sri Nurlela

Penulis adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang

BANYAK sudut pandang untuk dapat merumuskan pengertian pendidikan sehingga banyak juga definisi tentang pendidikan.

Ilmu pendidikan adalah suatu kumpulan pengetahuan atau konsep yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu yang bersifat ilmiah yang menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik atau suatu proses bantuan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya dalam rangka mempersiapkan dirinya untuk kehidupan yang bermakna.

Pendidikan ada sejak pertama manusia mengenal komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Pendidikan jika dikaji berdasarkan sifat sasarannya yaitu manusia yang mana banyak mengandung aspek dan sifatnya sangat kompleks.

Karena sifatnya yang kompleks itu, tidak ada sebuah pengertian atau batasan yang cukup memadai untuk menjelaskan arti pendidikan secara lengkap.

BACA JUGA:Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Begitu juga dengan pendidikan bahasa Inggris AUD yang harus sudah ditanamkan sejak masih dini.

Belajar bahasa Inggris sejak dini sangat penting untuk mempersiapkan anak menghadapi tantangan di masa depan.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di berbagai belahan dunia, dan kemampuan berbahasa Inggris bisa membuka peluang yang lebih luas bagi anak-anak untuk mengakses informasi dan kesempatan dari seluruh dunia.

Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD juga sebaiknya dimulai sedini mungkin, terutama sebelum mereka mencapai usia 12 tahun.

Pada rentan usia tersebut, anak-anak memiliki kemampuan untuk menyerap informasi baru dengan cepat dan mudah. 

BACA JUGA:Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Pembahasan

Dalam penyelenggaraan pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, ketiga jalur pendidikan tersebut di dalam beraktifitas terlebih dahulu menetapkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai, banyak sekali tujuan pendidikan yang diinginkan oleh para pendidik agar dapat dicapai oleh peserta didiknya.

Masalahnya adalah mendidik ternyata tidak semudah mengajar, karena dengan mendidik dengan baik tidak cukup kalau guru hanya menguasai bahan pelajaran, tetapi ia harus tahu nilai-nilai apa yang dapat disentuh oleh materi pelajaran yang diberikan oleh para siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: