Sebanyak Apakah Manfaat dari Menanamkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Sebanyak Apakah Manfaat dari Menanamkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Silfiana Dian Setianingrum. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Pelajaran Bahasa Inggris yang diberikan guru akan melekat pada ingatan anak dan sulit untuk melupakannya dibandingkan dengan anak yang tidak belajar Bahasa Inggris saat mereka duduk di bangku TK atau PAUD dan memiliki peran aktif.

Sumber daya yang memadai diperlukan untuk mengajar anak-anak Bahasa Inggris sejak dini.

Agar mereka dapat mengelola pembelajaran dengan baik, guru harus memahami kerangka berpikir anak usia dini (AUD).

Pembelajaran harus dirancang sehingga menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan dan bermakna.

BACA JUGA:Pengaruh Faktor Genetik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak

Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran Bahasa Inggris yang bermakna dan menyenangkan, yang "asyik" bagi anak usia dini adalah dengan menggunakan nyanyian, atau lagu, sebagai media pembelajaran.

Ada banyak cara untuk membantu anak belajar Bahasa Inggris, seperti permainan dan media pembelajaran.

Permainan ini membuat anak merasa seperti mereka sedang belajar, bukan belajar, sehingga mereka merasa seperti mereka sedang bermain.

Budaya lokal bahkan dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk membuat pembelajaran AUD menyenangkan dan sangat bermanfaat bagi siswa sekolah dasar karena mereka diberi insentif untuk belajar Bahasa Inggris sejak dini, dengan melafalkan Bahasa Inggris yang jelas dan banyak faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa kedua.

BACA JUGA:Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

Tiga kategori utama faktor yang mempengaruhi penguasaan bahasa kedua adalah sebagai berikut: faktor individu (usia, karakteristik psikologis, sikap, motivasi, strategi pembelajaran), faktor situasional (situasi, pendekatan pengajaran, karakteristik guru), dan faktor lingustik (perbedaan antara bahasa pertama dan Bahasa Inggris). 

Anak-anak usia dini dapat mengakses media digital dalam Bahasa Inggris saat ini.

Oleh karena itu, perlu strategi yang harus diterapkan untuk memastikan bahwa perkembangan Bahasa Inggris anak usia dini berjalan sebaik mungkin.

mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bagian dari proses belajar mengajar dan mendorong anak-anak sejak dini di sekolah.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: