Sebanyak Apakah Manfaat dari Menanamkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Sebanyak Apakah Manfaat dari Menanamkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Silfiana Dian Setianingrum. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

BACA JUGA:Menyoal 'Miskin' Kosakata Bahasa Indonesia

Di masa emas (golden age) dari enam hingga enam tahun, pengembangan keterampilan bahasa di taman kanak-kanak atau prasekolah sangat penting.

Bahasa adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap anak, karena bahasa diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar mereka.

Pembelajaran bahasa yang sangat penting terjadi pada anak sebelum enam tahun melalui interaksi antara anak dan guru, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

BACA JUGA:Starlink 'Berbahaya' Bagi Indonesia

Pembahasan

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk mencapai tujuan, materi disampaikan dengan metode pembelajaran.

Perlu adanya berbagai pendekatan pembelajaran yang menarik dan menghibur agar anak usia dini tertarik untuk belajar bahasa, terutama Bahasa Inggris, karena anak usia dini memiliki penerimaan yang berbeda dengan orang dewasa.

Sejak tahun 1994, bahasa Inggris secara resmi diajarkan di sekolah dasar sebagai mata pelajaran muatan lokal.

BACA JUGA:Menggabungkan Pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Berbasis Permainan

Namun, ada beberapa sekolah yang sudah memprogramkan pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelompok belajar dan TK, juga dikenal sebagai Pendidikan Anak Usia Dini.

Pemerintah menyadari pentingnya Bahasa Inggris dan sumber daya manusia yang mahir berkomunikasi dalam bahasa tersebut bahasa asing di Indonesia.

Pemerintah membuat Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1987 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang pengembangan SDM sebagai kebijakan yang berorientasi ke depan.

Pembelajaran Bahasa Inggris harus dimulai sejak dini karena anak lebih mudah belajar Bahasa Inggris ketika mereka menginjak usia remaja, yaitu ketika mereka masuk Sekolah Dasar, SMP, atau ke tingkat yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: