Tingkatkan Kompetensi ASN, Bagian Prokopim Pemkab Muara Enim Gelar Pembinaan Public Speaking

Tingkatkan Kompetensi ASN, Bagian Prokopim Pemkab Muara Enim Gelar Pembinaan Public Speaking

Pembukaan lembinaan Public Speaking yang digelar oleh Bagian Prokopim Pemkab Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk meningkatkan kompetensi pelayanan publik para aparatur, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Muara Enim menggelar pembinaan public speaking.

Dengan begitu, kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking sangat penting untuk dikuasai oleh aparatur sipil negara (ASN) sebagai komptensi dasar dalam mendukung pelayanan publik.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Yulius, di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Rabu 3 Juli 2024.

Melalui kegiatan ini, Sekda berharap para ASN mampu mempraktekkan komunikasi dan cara berbicara yang baik di depan umum.

BACA JUGA:Tingkatkan Kapasitas dan Keterampilan Pegawai, Pemkab Muara Enim Gelar Pembinaan Publik Speaking

Baik secara internal, yaitu terhadap atasan dan antar-aparatur maupun secara eksternal, yaitu terhadap masyarakat luas, khususnya bagi perangkat daerah yang bersentuhan langsung dalam pelayanan publik.

Dalam pembukaan yang dihadiri Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha dan para kepala perangkat daerah ini, Sekda menekankan kemampuan berbicara di depan umum harus dikuasai oleh seluruh ASN.

Hal itu karena selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, keahlian ini juga dapat meningkatkan kepercayaan publik melalui penyampaian pesan yang baik, informatif, dan efektif.

Oleh sebab itu, Pemkab Muara Enim melalui Bagian Prokopim menyelenggarakan pembinaan public speaking di setiap tahunnya dengan sasaran utama para aparatur dari seluruh perangkat daerah dan pemerintah kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Dinas Kominfo Muara Enim Isi Materi Publik Speaking

Sementara itu, Kepala Bagian Prokopim, Pradita Arisandi, melaporkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari ini diisi oleh narasumber, yaitu Direktur Speaking Communication Training Center Kota Surakarta, Zahra Noor Eriza.

Ditambahkan pula, bahwa materi nantinya tidak hanya diisi dengan public speaking saja, namun juga etika sikap di depan umum, dasar-dasar pembawa acara, dan dasar-dasar keprotokolan.

"Diharapkan para peserta mampu secara mandiri mempraktekkannya di lingkungan kerja masing-masing," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: