Asisten Administrasi Umum Buka Pelatihan Forum Anak yang Diikuti 40 Pelajar Muara Enim

Asisten Administrasi Umum Buka Pelatihan Forum Anak yang Diikuti 40 Pelajar Muara Enim

Sebanyak 40 Pelajar dari Pengurus Forum Anak Serasan Sekundang mengikuti Pelatihan Forum Anak dalam Menjalankan Perannya Sebagai Pelopor dan Pelapor. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

Sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang besar terhadap anak-anak, sambung Aldo, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah membentuk Forum Anak Daerah Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

Pemerintah juga berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan yang dilakukan melalui beberapa strategi, salah satunya dengan melibatkan Forum Anak dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) daerah baik tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa/kelurahan, yang bertujuan agar Forum Anak dapat mengimplementasikan perannya, serta turut berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan di daerahnya masing-masing.

BACA JUGA:39 Sarjana Teknik Sipil di Muara Enim Ikut Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Kerja

BACA JUGA:18 Ribu Lebih Penyuluh Agama Lulus Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi Forum Anak dalam menjalankan perannya  sebagai Pelopor dan Pelapor serta sebagai agen perubahan dalam pembangunan.

Sehingga Forum Anak diharapkan menjadi orang yang dapat bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan membantu dan mengajak orang lain di sekitarnya untuk turut serta dalam proses perubahan.

Kegiatan ini juga bertujuan membangun karakter yang solid, kreatif, percaya diri, serta dapat bekerjasama dalam kelompok, sehingga kegiatan partisipasi anak dapat berjalan secara optimal.

"Kami mengharapkan kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh pelatihan ini, untuk selanjutnya dilaksanakan secara optimal dalam menjalankan peran dan tugas Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor di tempat masing-masing," imbuhnya.

BACA JUGA:PTBA Menggelar Kegiatan Pelatihan Usaha untuk Mitra Binaan UMKM dan Masyarakat Umum

BACA JUGA:Peserta Pelatihan di BLK Muara Enim Mendapat Materi Bintalsik

"Sehingga kegiatan partisipasi anak dalam pembangunan dapat berjalan dengan baik yang pada akhirnya dapat mewujudkan Kabupaten Muara Enim Layak Anak," ujar Aldo.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) Muara Enim, Vivi Mariani, mengatakan bahwa maksud dan tujuan Pelatihan Forum Anak dalam menjalankan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor melalui Kegiatan Peningkatan Partisipasi Anak dalam Pembangunan bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Pengurus Forum Anak tentang peran dan partisipasi anak dalam proses pembangunan.

"Membangun karakter yang solid, kreatif, percaya diri serta dapat bekerjasama dalam kelompok sehingga kegiatan Partisipasi Anak dalam Pembangunan dapat berjalan secara optimal," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: