Ahmad Usmarwi Kaffah Paparkan 5 Jurus Pemkab Muara Enim Menuju Birokrasi Kelas Dunia, Simak!

Ahmad Usmarwi Kaffah Paparkan 5 Jurus Pemkab Muara Enim Menuju Birokrasi Kelas Dunia, Simak!

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah di sela memberikan kuliah umum di Unsri bertempat di Ruang Prof. Djuaini Mukti, Kampus Bukit Besar, Kota Palembang. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah memaparkan 5 jurus Pemkab Muara Enim menuju birokrasi kelas dunia.

Hal tersebut disampaikan Kaffah saat memberikan kuliah umum dengan tema “Tata Kelola Pemerintahan Daerah Menuju Birokrasi Kelas Dunia”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Universitas Sriwijaya (Unsri) bertempat di Ruang Prof. Djuaini Mukti, Kampus Bukit Besar, Kota Palembang.

Bukan hanya menyampaikan kiat-kiat yang ditempuh Pemkab Muara Enim menuju birokrasi kelas dunia, akan tetapi Kaffah juga berbagi pengalaman terkait tata kelola pemerintahan serta birokrasi negara Inggris yang ia amati ketika menempuh pendidikan di sana.

BACA JUGA: Pimpin Apel di Kantor Satpol PP, Begini Pesan Plt Bupati Muara Enim Untuk Anggota Penegak Perda

Dalam kesempatan tersebut, Kaffah menjelaskan 5 jurus Pemkab Muara Enim menuju birokrasi kelas dunia.

Antara lain, pertama mengaktifkan digitalisasi prasarana dan sarana informasi, hal ini demi kerja tepat, cepat, dan cermat.

Kedua, menyiagakan kekuatan sumber daya manusia (SDM) di tiap organisasi perangkat daerah (OPD), UPT, serta perusahaan daerah (Perusda) sebagai upaya efektivitas Management Clean Goverment.

Ketiga, secara rutin dan berkala membangun tim kerja yang solid melalui rapat koordinasi (Rakor) terbatas tematik, guna memastikan good governance yang berwawasan entrepreneurship.

BACA JUGA: Buka Diklat Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian, Begini Pesan Asisten III Pemkab Muara Enim

Keempat, mendayagunakan kerja sama seluruh perangkat daerah serta perguruan tinggi di daerah, dalam kanal komunikasi bisnis mancanegara.

“Kelima atau yang terakhir, segera mengaktifkan kerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Daerah untuk memberikan praktis perniagaan ekspor kepada UMKM daerah maupun BUMDes,” jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini indeks nilai Reformasi Birokrasi Pemkab Muara Enim merupakan yang terbaik di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Tahun 2022 dengan nilai B atau Baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: