Dongkrak Perekonomian Masyarakat, Ini yang Dilakukan Pemdes Pengabuan Timur Kabupaten PALI

Dongkrak Perekonomian Masyarakat, Ini yang Dilakukan Pemdes Pengabuan Timur Kabupaten PALI

Budidaya jamur tiram yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pengabuan Timur, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Absb Lematang Ilir (PALI). FOTO : HERU/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALI, ENIMEKSPRES.CO.ID - Guna mendongkrak perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Pengabuan Timur, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mencoba terobosan baru dengan membangun tempat budidaya jamur tiram.

Dengan luas sekitar 32 meter persegi, maka tempat tersebut mampu menampung sekitar 5.000 baglog jamur tiram

Sementara, dana yang digunakan untuk membangun tempat budidaya jamur tiram tersebut bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2022.

Kepala Desa (Kades) Pengabuan Timur, Ivey mengatakan, terobosan itu dilakukan berawal melihat potensi desanya yang memungkinkan dikembangkannya budidaya jamur tiram.

BACA JUGA:Anugerah Grand IKADI Award 2022, Herman Deru Terpilih Sebagai Gubernur Peduli Dakwah Islam Rahmatan lil’alamin

BACA JUGA:Minta Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim Sumatera Selatan Segera Dilanjutkan, Begini Kata Masyarakat

"Bahan dasar budidaya jamur tiram adalah serbuk kayu. Kebetulan di desa kami melimpah serbuk kayu yang dihasilkan dari beberapa pengrajin kusen bangunan," kata Ivey saat dibincangi, Senin 30 Januari 2023.

Dirinya menjelaskan, karena melihat serbuk kayu yang hanya jadi sampah dan hanya dibuang-buang tanpa nilai ekonomi. 

Maka ia mengajak sejumlah masyarakat untuk memanfaatkannya menjadi bahan baku jamur tiram.

"Serbuk kayu itu lalu kami kumpulkan dan belajar secara otodidak melalui sosial media, Alhamdulillah uji coba kami berhasil. Kemudian kami kembangkan membangun tempat budidaya jamur tiram dengan harapan hasilnya bisa memuaskan," jelas Ivey.

BACA JUGA:7 Raperda Usulan Eksekutif dan 4 Usulan Legislatif Mulai Dibahas DPRD Sumsel

BACA JUGA:Anggota PWI Lubuklinggau Diduga Dikeroyok Oknum Brimob, Begini Penjelasan Korban

Ivey menerangkan, untuk pemasaran jamur tiram tidak menjadi kendala, karena disekitar desanya ada beberapa perusahaan yang beroperasi dengan jumlah pekerja cukup banyak.

Karenanya, ia optimistis usaha budidaya jamur tiram  bisa meningkatkan perekonomian masyarakat terutama yang ikut dalam kelompok budidaya jamur tiram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: