Lomba Perahu Bidar Tradisional Sedot Ribuan Penonton, Peserta Berebut Piala Gubernur

Lomba Perahu Bidar Tradisional Sedot Ribuan Penonton, Peserta Berebut Piala Gubernur

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyapa peserta lomba Bidar dan perahu hias. Foto : HUMAS PEMPROV SUMSEL FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Kemeriahan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Palembang kembali dirasakan oleh masyarakat dengan digelarnya lomba bidar tradisional dan perahu hias.

Perlombaan ini berlangsung di Sungai Musi, tepatnya di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, yang dihadiri langsung Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Minggu (21/8/2022).

Lomba perahu bidar tradisional dan perahu hias kali ini, melibatkan 198 peserta yang terdiri dari 9 tim. Mereka memperebutkan piala Gubernur Sumsel.

BACA JUGA: Dinas Pemuda dan Olahraga Muara Enim Gelar Lomba Permainan Tradisional

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, mengatakan llomba ini kembali digelar di Kota Palembang tak hanya mengobati kerinduan masyarakat akan tontonan di hari Kemerdekaan RI.

Namun juga dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Sumsel, serta sebagai bentuk upaya pelestarian kebudayaan yang berangkat dari kearifan lokal Sumsel.

"Antusias masyarakat luar bisa berduyun-duyun datang untuk menyaksikan lomba  bidar dan perahu hias. Ini menandakan begitu rindunya warga Palembang dengan acara ini,” tegas Herman Deru.

BACA JUGA: 2 Personel Polda Sumsel Juara Lomba MTQ Antar Polda se-Indonesia

Herman Deru menyebut, melalui lomba bidar dan perahu hias diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan.

Karena itu, Pemprov Sumsel akan terus berupaya untuk menjadikan event ini sebagai agenda tahunan dengan melibatkan peserta bukan saja dari Sumsel, melainkan juga dari luar provinsi.

“Apresiasi sponsor yang telah menjadikan suasana pertandingan bidar ini menjdi lebih spesial. Juga perbankan yang ikut berkontribusi,” pungkasnya.

BACA JUGA: ‘Kebile Bile’ jadi Lagu Lomba Senam Kreasi di Fornas VI Sumsel

Sementara itu, Sekda Sumsel, SA Supriono yang juga Ketua Penyelenggara, menjelaskan lomba ini digelar selama dua hari, 20-21 Agustus 2022.

"Kegiatan ini mengangkat tema 'Bidar Lestarikan Tradisi, Majukan Budaya untuk Sumsel Maju Bersama, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'," kata Sekda. (rel/and)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: