Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Lagu dan Gerak

Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Lagu dan Gerak

Syahida Nafisa Azzahra. Foto : DOK--

Kondisi dimana anak sedang tahap golden agenya beberapa orang tua berpikir efisien untuk pengenalan bahasa inggris apalagi zaman modern seperti sekarang banyak yang menggunakan bahasa inggris.

Seorang anak dapat belajar dengan sebaik-baiknya apabila kebutuhan dipenuhi dan mereka merasa aman dan nyaman secara psikologis, anak membangun pengetahuannya sendiri, anak belajar melalui interaksi sosial dengan orang dewasa dan anak-anak lainnya, anak belajar melalui bermain, minat anak serta keingintahuannya yang memotivasi  mereka untuk belajar sambil bermain serta terdapat variasi individual dalam perkembangannya (Sujiyono YN, 2012).

Anak usia dini belajar melalui active learning, metode yang digunakan adalah memberi pertanyaan kepada anak dan membiarkan berpikir/bertanya pada diri sendiri, sehingga hasil belajar yang didapat merupakan konstruksi anak tersebut.

BACA JUGA:Pengaruh Apresiasi dalam Mengembangkan Sikap Percaya Diri Anak

Karena pada dasarnya anak memiliki kemampuan untuk membangun dan mengkreasi pengetahuan sendiri, sehingga sangat penting bagi anak untuk terlibat langsung dalam proses belajar.

Proses pemilihan lagu yang akan disampaikan merupakan sesuatu yang penting.

Shopiya (2013) berpendapat bahwa lagu yang akan disampaikan perlu diperhatikan tingkat kesukaran dan juga kesesuaiannya dengan tingkat usia mereka.

Peneliti menggunakan nada lagu “sayonara” yang liriknya diubah menjadi nama-nama anggota tubuh.

Seperti terlihat pada lirik lagu di bawah ini:

BACA JUGA:Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Head kepala,

ear telinga

Hair rambut dan

mouth mulut

BACA JUGA:Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: