Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Intan Maharani. Foto : DOK PRIBADI FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Oleh: Intan Maharani

Penulis adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang

PENDIDIKAN Anak Usia Dini (PAUD) pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani (moral dan spiritual), motorik, akal pikir, emosional dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh berkembang optimal.

PAUD adalah merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah.

Pada perkembangan bahasa anak usia dini, perkembangan bahasa dimulai sejak bayi dan mengandalkan perannya pada pengalaman, penguasaan dan pertumbuhan bahasa anak.

BACA JUGA:Menyoal 'Miskin' Kosakata Bahasa Indonesia

Anak belajar bahasa sejak masa bayi sebelum mereka belajar berbicara mereka berkomunikasi melalui tangisan, senyuman, dan gerakan badan.

Belajar bahasa sangat krusial terjadi pada usia sebelum enam tahun.

Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini merupakan wahana yang sangat penting dalam mengembangkan bahasa anak, sehingga kondisi ini bisa memfasilitasi pengembangan keterampilan berbahasa pada anak-anak usia dini.

Karena bahasa sangatlah penting sehingga harus ditanamkan sejak usia dini agar seorang anak memiliki kemampuan berbahasa yang baik ketika dewasa nanti, sebab bahasa diperlukan dalam berkomunikasi dengan lingkungan di dalam suatu masyarakat.

BACA JUGA:Degradasi Bandara SMB II Palembang “Tanggung Jawab Saya Mengembalikan Gelar Internasional”

Jadi, masa anak usia dini adalah masa peka yang sangat penting bagi anak dalam mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan umurnya selain itu masa dimana pertumbuhan dan perkembangan berlangsung secara terus-menerus sampai anak menjadi dewasa (tua).

Sehingga pertumbuhan dan perkembangan pada anak memunculkan berbagai keunikan pada dirinya karena setiap anak memiliki keunikan yang berbeda.

Pada tahap masa peka inilah, masa yang tepat untuk mengembangkan segala aspek kemampuan anak usia dini seperti perkembangan kognitif, afektif, psikomotorik, bahasa, sosio-emosional dan spiritual.

BACA JUGA:Peran Guru PAI Bekali Siswa Terhadap Sekolah Pada Nilai Ujian Praktek Agama

Pembahasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: