Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Hidayah Dwi Nur. A. Foto : DOK PRIBADI FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Dalam mengetahui bahasa khususnya bahasa inggris, mungkin anak akan mengalami kesulitan dalam hal speaking atau berbicara.

Seorang anak harus terampil dalam menggunakan kosa kata dan tata cara menggunakannya. Kesulitan speaking biasanya disebabkan oleh:

BACA JUGA:Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

  • Sulit mengungkapkan ide secara lisan (speaking).
  • Terbatasnya kosa kata (vocabulary).
  • Terbatasnya kemampuan tata bahasa (grammar), sehingga sulit berbicara dengan aturan yang benar.
  • Terbatasnya melafalkan kata-kata (pronounciation), sehingga sulit mengucapkan kata yang diucapkannya dengan benar.
  • Kurangnya keberanian untuk berbicara karena takut salah.

BACA JUGA:Pengaruh Faktor Genetik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi aspek kebahsaan, yaitu:

  • Ketepatan ucapan (pelafalan)
  • Penekanan atau penempatan nada dan durasi yang sesuai.
  • Pemilihan kata.
  • Ketepatan sasaran pembicaraan.

BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting untuk  dipelajari.

Dalam dunia pendidikan, pada tahun 90 an bahasa inggris mulai dipelajari di bangku SMP.

Namun, pada tahun 2000 an bahasa inggris sudah dipelajari di bangku SD bahkan ada juga yang sudah memulainya dari taman kanak-kanak.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sulitnya belajar bahasa inggris.

BACA JUGA:Menggabungkan Pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Berbasis Permainan

Bahasa inggris bukan merupakan bahasa kita, jadi jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Tidak memadainya sistem pendidikan yang ada.

Dalam artian, baik tenaga pendidik maupun yang dididik, sama-sama kurang memahami teori dan pendekatan yang efektif untuk diaplikasikan dalam mempelajari bahasa inggris.

Faktor internal, yaitu kurangnya kesungguhan siswa dalam mempelajari bahasa inggris itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: