Pj Gubernur Bersama Kapolda Sumsel Bentuk Satgas Penanggulangan Illegal Drilling

Pj Gubernur Bersama Kapolda Sumsel Bentuk Satgas Penanggulangan Illegal Drilling

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo membentuk Satgas Penanggulangan Illegal Drilling dan Satgas Illegal Refinery. Foto : DOK--

BACA JUGA:Ditreskrimsus Polda Sumatera Selatan Terus Lakukan Penindakan Illegal Drilling, Puluhan Kasus Diungkap

"Teknisnya akan kita selesaikan beberapa hari dan akan langsung bekerja sehingga tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban atas perbuatan ilegal ini," tegasnya.

Terkait penanganan hukum, Elen mengatakan akan dilakukan secara humanis dan dilakukan secara komprehensif.

"Update selanjutnya kita akan sampaikan lagi, kita libatkan banyak pihak di dalam Satgas ini, bahkan sampai ke pusat dalam hal ini Kementerian ESDM, dan Kejaksaan yang fungsinya akan melakukan tindakan-tindakan hukum tentunya secara humanis," tandasnya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo mengatakan, dalam Satgas terdapat 4 Dan Subsatgas, di antaranya Dansub Satgas Preemtif, Dan Subsatgas Preventif, Dan Sub Satgas Gakkum, serta Dan Subsatgas Rehabilitasi.

BACA JUGA:Patut Diacungi Jempol, Satgas Illegal Drilling Polda Sumsel Sukses Bongkar Penimbunan BBM Subsidi dan Oplosan

"Dalam waktu beberapa hari Pak Gubernur akan menandatangani SK Pembentukan Satgas dan ada 4 Dan Subsatgas di dalamnya," kata Kapolda.

Kapolda juga mengatakan, pihaknya juga akan mengamankan barang yang dianggap berbahaya untuk melakukan illegal drilling hal ini akan dilakukan bersama instansi-instansi terkait.

"Pak Gubernur telah memberi arahan untuk mengajak instansi-instansi pengelolaan barang berbahaya, karena alat dan peralatan lain yang digunakan untuk tindakan ilegal ini sangat berbahaya yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan ledakan sehingga penggunaannya memang secara khusus" ujarnya.

Selanjutnya, Kapolda menyebut untuk penegakan hukum nantinya akan ditindaklanjuti oleh Dansub Satgas Gakkum secara menyeluruh dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA:Gerebek Lokasi Pengoplosan BBM Subsidi di Muara Enim, Ini BB yang Diamankan Satgas Ops Illegal Drilling Polda

"Penegakan hukum juga kita lakukan, kita akan melakukan penangkapan dan pembongkaran lahan, setiap tahun ini kita lakukan secara terus menerus, namun data lahan ilegal yang datang juga semakin banyak. Jadi targetnya tahun 2024 ini kita juga harus lebih banyak menangkap para pelaku-pelaku illegal drilling ini," tegasnya.

Setelah Satgas terbentuk dan bekerja, nantinya akan ada sosialisasi terkait pemberhentian tindakan illegal drilling.

Mengingat ada banyak sekali masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan tindakan ini, maka nanti juga dari pihak Satgas akan memberikan pencerahan terkait pekerjaan yang lebih baik.

BACA JUGA:Lokasi Pengoplosan BBM Subsidi di Muara Enim Digerebek Satgas Ops Illegal Drilling Polda Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: