Pemkab Muara Enim Targetkan Raih Penghargaan Terinovatif IGA 2023

Pemkab Muara Enim Targetkan Raih Penghargaan Terinovatif IGA 2023

Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemkab Muara Enim, Amrullah Jamaludin secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada peserta sosialisasi. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menargetkan kembali meraih prestasi penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023.

Target ini seperti raihan predikat Kabupaten Sangat Inovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2021 dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia.

"Kita pada tahun 2021 meraih peringkat ke-4 dari 415 Kabupaten di Indonesia, dengan nilai skor indeks sebesar 62,97. Dan tahun ini, kita ingin raih kembali," ujar Kepala Balitbangda Muara Enim, Tarmizi Ismail, di sela pembukaan Sosialisasi dan Evaluasi Penginputan Inovasi Daerah Pengukuran Indeks Inovasi Daerah/Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2023 di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Jumat 7 Juli 2023.

Menurut Tarmizi, pencapaian prestasi pada tahun 2021 lalu menjadi 4 besar dari 415 Kabupaten se-Indonesia tersebut sebagai Kabupaten Terinovatif tersebut tentu merupakan perjuangan bersama.

BACA JUGA:Tiga Desa di Kabupaten Muara Enim Prioritas Penanganan Stunting

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Dukung Implementasi Merdeka Belajar

Pada tahun 2022, Kabupaten Muara Enim hanya meraih Kabupaten innovatif, sebab adanya perubahan penilaian indikator setiap tahunnya yang selalu ada penyesuaian-penyesuaian.

Makanya, pada tahun 2023 ini, pihaknya berharap Kabupaten Muara Enim kembali mencapai Indeks Inovasi Daerah dengan kategori Kabupaten Terinovatif atau Kabupaten Sangat Inovatif.

"Tahun 2022 nilai kita sudah tinggi, namun karena adanya perubahan penilaian indikator sehingga ada penilaian yang berkurang. Kita mengira setiap tahun sama indikator penilaiannya rupaya selalu berubah. Makanya kita harus selalu update sehingga tidak tertinggal," ungkapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemkab Muara Enim, Amrullah Jamaludin, mengatakan bahwa sosialisasi ini diselenggarakan untuk percepatan penginputan Inovasi-inovasi OPD dalam Lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim sekaligus mengevaluasi capaian kesesuaian evidence masing-masing Inovasi OPD dengan Kriteria dan Indikator yang dipersyaratkan dalam Pengukuran Indeks Inovasi Daerah dan IGA Tahun 2023 sekaligus melihat nilai kematangan masing-masing Inovasi OPD yang telah diinputkan melalui Aplikasi IID/IGA.

BACA JUGA:Bupati Kaffah Resmikan Pembangunan Masjid Masjid Jami'il Ummat di Desa Tanjung Menang

BACA JUGA:Tingkatkan Kapasitas dan Keterampilan Pegawai, Pemkab Muara Enim Gelar Pembinaan Publik Speaking

Sebagaimana telah diketahui bersama, lanjut Amrullah, penginputan, pelaporan serta pengisian data Inovasi Daerah melalui Aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kemendagri telah dimulai sejak bulan Mei yang lalu sebagaimana surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 400.10.11/2704/SJ tanggal 18 Mei 2023 perihal Pengukuran dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah serta Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 dan  Telek Kemendagri Nomor : 400.10.11/2705/SJ tanggal 18 Mei 2023.

Surat dan Telek Kemendagri ini telah ditindaklanjuti dengan menginstruksikan dan meminta kepada seluruh kepala perangkat daerah termasuk Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk segera melakukan penginputan dan pengisian data Inovasi OPD masing-masing secara mandiri melalui Aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kemendagri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: