Mengenal Kabupaten Muara Enim, Tempat Berdirinya PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Terbesar di Asia Tenggara

Mengenal Kabupaten Muara Enim, Tempat Berdirinya PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Terbesar di Asia Tenggara

Mengenal Kabupaten Muara Enim, lokasi berdirinya PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 terbesar di Asia Tenggara. Foto : muaraenimkab.go.id--

BACA JUGA:Tanpa Ribet, Berikut 9 Aplikasi Hasilkan Saldo DANA Gratis Langsung Cair, Apa Saja? Simak

Sektor pertambangan juga berperan cukup besar dalam perekonomian Kabupaten Muara Enim, baik komposisi dengan migas maupun tanpa migas.

Dalam komposisi dengan migas, peranan dominan sektor pertambangan dibentuk oleh dominasi produk minyak dan gas bumi, sementara dalam komposisi tanpa migas, sumbangan batu bara masih cukup dominan.

PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Siap Terangi Pulau Sumatera

PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 berkapasitas 2x660 megawatt (MW).

BACA JUGA:7 Fakta PLTU Mulut Tambang Sumsel 8

BACA JUGA:Jangan Terlewatkan, Saldo DANA Rp115.000 Bisa Kamu Dapatkan dan Langsung Cair

Dengan kapasitas tersebut, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel 8 nantinya bukan hanya Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) atau Kabupaten Muara Enim saja, namun juga akan menerangi Pulau Sumatera.

Apalagi sesuai dengan tujuan pembangunan awal proyek ini tahun 2015 lalu, PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 akan menjamin ketersediaan listrik di Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya dan listrik di Pulau Sumatera pada umumnya.

Adapun progres terkini, sejak 7 Mei lalu hingga Juni 2023, PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 telah masuk masa uji kapasitas andal bersih.

Prosesnya adalah penyaluran arus listrik sebagai umpan dari jalur SUTET 275 kV Lumut Balai, Muara Enim ke PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 atau juga dikenal dengan nama PLTU Tanjung Lalang.

BACA JUGA:Tekan Emisi Gas Buang, PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Gunakan Teknologi FGD

BACA JUGA:Main Game Dapat Saldo DANA Gratis Rp200.000, Ini Nama Aplikasi dan Cara Mainnya

Jika ini sukses, maka planning selanjutnya ialah dilakukan uji coba seluruh mesin dan peralatan sebelum memasuki ke tahap operasional utuh.

7 Fakta Tentang PLTU Mulut Tambang Sumsel 8

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: