Desa Kuripan Selatan Rawan Banjir Akibat Luapan Air Sungai Lematang

Desa Kuripan Selatan Rawan Banjir Akibat Luapan Air Sungai Lematang

Banjir di Desa Kuripan Selatan Kecamatan Empat Petulai Dangku. FOTO : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Desa Kuripan Selatan Kecamatan Empat Petulai Dangku (EPD) menjadi langganan banjir akibat naiknya debit air Sungai Lematang, dan Sungai Enim. 

Sehingga luapan air itu merendam banyak kediaman warga yang sebagian besar rumah yang terbuat dari papan itu.

Seperti kondisi yang terjadi pada Jumat 10 Mei 2024 di Desa Kuripan Selatan, air yang meluap sudah merendam sejak sehari sebelumnya akibat luapan air Sungai Lematang, dan Sungai Enim. 

Selain itu pula, wilayah lain yang ikut terdampak banjir juga terjadi di Kecamatan Ujanmas, Benakat , Empat Petulai Dangku, Sungai Rotan , dan Gelumbang.

BACA JUGA:Asik Mandi di Sungai Meo, 3 Bocah di Semende Hanyut Terseret Banjir Bandang, 2 Selamat, 1 Meninggal Dunia

Namun, melihat kondisi dilapangan, bahwa Desa Kuripan Selatan mengalami dampak yang Agak serius, seluruh perkampungan tenggelam setinggi 1 meter.

Menurut informasi yang di sampaikan oleh Kepala Desa Kuripan Selatan, Imsari menjelaskan, langganan banjir itu sudah terjadi setahun ini. 

Sehingga, selain rumah warga, kebun masyarakat pun juga ikut terendam banjir. 

Akibatnya, warga tidak bisa beraktivitas, dan membuat warga juga kehilangan penghasilan.

BACA JUGA:Korban Banjir di 3 Kabupaten Ini Mendapat Bantuan

"Kami mengalami banjir itu sejak tahun 2023 sampai tahun 2024, atau sudah 5 kali terjadi banjir akibat air Sungai meluap. Sehingga warga mengalami kerugian materi, terutama lahan perkebunan,tanam jeruk,sawit,karet,serta sayuran yamg baru di tanam,serta ada yg siap panen, semuanya mati akibat kena dampak dari banjir tersebut," sebut Imsari kepada enimekspres.co.id.

Imsari menambahkan lagi, tidak hanya aktivitas perekonomian yang lumpuh, akibat dari banjir itu juga merendam fasilitas kesehatan, dan pendidikan, dan aktivitas pemerintahan juga ikut terhambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: