Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim Dukung Berantas Buta Alquran di Sekolah

Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim Dukung Berantas Buta Alquran di Sekolah

Quiz Literasi Religius mendukung program Gerakan Baca Tulis Alquran di Kecamatan Lubai. FOTO : IST/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID – Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim kembali menggelar Quiz Literasi Religius untuk mendukung mendukung program Gerakan Baca Tulis Alquran (BTA) inovasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim.

Kali ini di laksanakan di SMP Negeri 1 Lubai, dengan peserta 30 SD  dan 9 SMP Sederajat dalam wilayah Kecamatan Lubai, dan Lubai Ulu berlangsung beberapa waktu lalu, Senin 13 Februari 2023.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim, Sartimin SIP MM mengatakan, Quiz Literasi Religius ini berlangsung ke dua kalinya, setelah tingkat SD pada Desember 2022 lalu. 

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah, dalam rangka mendukung inovasi Gerakan Baca Tulis Alquran.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Serahkan SK HUTSOS dan TORA untuk 7 Kabupaten di Sumsel

BACA JUGA:PTBA Menggelar Kegiatan Pelatihan Usaha untuk Mitra Binaan UMKM dan Masyarakat Umum

“Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong percepatan gerakan baca tulis Al-Qur’an baik di tingkat SD dan SMP Sederajat. Kemudian memberikan motivasi kepada para siswa, dalam rangka pembiasaan taat ibadah, dan penguatan BTA,” kata Sartimin.

Kemudian bagi guru, khusunya mata pelajaran agama melalui kegiatan ini pula sebagai media refleksi, dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Sehingga, dapat terwujud generasi yang terampil, cerdas, dan religius.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang sudah ikut berpartisipasi pada kegiatan ini,” kata Sartimin.

BACA JUGA:Sebagai Wujud Nyata Keseriusanya Dalam Mendukung Dunia Pendidikan, Ini yang Dilakukan Kaffah

BACA JUGA:4 Ribu Madrasah Ikut Sosialisasi Sertifikasi Halal Kantin

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Lubai, Indiarti SPd memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini mengaku senang, bisa mendukung program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim melalui Gerakan Baca Tulis Alquran.

“Pastinya kami menyambut baik,  sosialisasi gerakan baca tulis Al-qur’an melalui quiz literasi religius  yang dilaksanakan di SMPN 1 Lubai. Bertujuan untuk memotivasi kepada peserta didik dalam rangka membiasakan tertib sholat 5 waktu, dan penguatan BTA sebagai media refleksi bang guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Sehingga terwujudnya generasi cerdas terampil agamis, dan berkarakter,” kata Indiarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: