Dinas Kesehatan Muara Enim Sumsel Sidak Apotek dan Toko Obat, Ini Tujuannya

Dinas Kesehatan Muara Enim Sumsel Sidak Apotek dan Toko Obat, Ini Tujuannya

Jajaran Dinas Kesehatan Muara Enim Sumsel melakukan sidak ke Apotek dan Toko Obat yang ada di Kabupaten Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

BACA JUGA: Dinas Kesehatan Muara Enim Sidak Penjualan Obat Sirup ke Apotek

"Untuk obat Praxion saat ini tidak boleh dijual, dan itu sudah disampaikan, memang sejauh ini di Kabupaten Muara Enim belum ditemukan kasus gagal ginjal akut, kami mengimbau kepada seluruh Apotek dan Toko Obat di Muara Enim untuk tidak menjual obat tersebut," tegasnya.

Kemudian menindaklanjuti surat edaran BPOM, terkait konsumsi obat Albendezol Suspensi, dalam rangka memberikan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat, BPOM telah melakukan upaya pemastian mutu sirup obat dari risiko cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Yang diduga bersumber dan bahan baku (pelarut) gliserin, propilen glikol, polietilen glikol dan/atau sorbrotol, melaksanakan verifikasi hasil pelaksanaan pengujian mandiri Industri Farmasi terhadap bahan baku pelarut atau produk jadi.

BPOM menetapkan kriteria dalam memberikan rekomendasi sirup obat yang dapat dinyatakan aman sepanjang digunakan sesuai aturan pakai berdasarkan venfikasi pengujian.

BACA JUGA: Waspada Wabah Campak saat Musim Hujan, Kadinkes Muara Enim Beri Pesan Begini

Antara lain pengujian cemaran EG dan DEG pada bahan baku dan atau produk jadi, kualifikasi pemasok termasuk rantai pasok, uji identifikasi tiap wadah, validasi/ verifikasi metode analisa.

"Jadi ada dua obat yang distop untuk diperjualbelikan, yaitu Praxion dan Albendazole Suspensi," ulas Eni.

Sementara itu, Nadia selaku Asisten Apoteker Apotek Qomplit, mengatakan pihaknya dari awal buka sampai saat ini belum pernah menjual obat-obatan yang dilarang oleh BPOM.

“Bahkan obat-obatan yang kategori belum aman pun tidak akan kami beli dan jual,” katanya.

BACA JUGA: Soal Penjualan Obat Sirup Dihentikan Sementara, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Muara Enim

Untuk memastikan hal tersebut, pihaknya selalu update informasi masalah obat-obatan tersebut.

"Alhamdulillah, kita sejak dari awal sampai sekarang belum pernah jual obat-obatan itu," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: