Jangan Diragukan, Ini 11 Khasiat Jus Tomat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Jangan Diragukan, Ini 11 Khasiat Jus Tomat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Buah tomat yang diolah menjadi jus tomat ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui banyak orang. Foto : ILUSTRASI/NET--

Obesitas adalah faktor risiko utama diabetes.

Jus tomat, sebagai agonis alfa PPAR yang kuat, tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol, tetapi juga kadar glukosa tinggi, yang dapat membantu meningkatkan ketidakpekaan insulin pada penderita diabetes dan pra diabetes.

PPAR juga membantu mengurangi peradangan (penyebab utama diabetes) dan meningkatkan produksi hormon adiponektin dan AdipoR, yang penurunan kadarnya bisa menjadi penyebab utama pemicu diabetes yang diinduksi obesitas.

10. Mengobati Depresi dan Kecemasan

Jus tomat memiliki kadar likopen dan GABA yang tinggi.

BACA JUGA: 5 Bahaya Makan Pisang Karbitan, Ini Dampaknya

Kedua senyawa ini diketahui dapat meringankan banyak gejala psikologis seperti depresi, kecemasan, dan perubahan suasana hati, terutama pada wanita menopause.

Menurut sebuah penelitian, ketidakseimbangan neurotransmiter otak dapat menyebabkan beberapa gangguan kejiwaan.

Karena GABA dan likopen membantu dalam transmisi saraf, peningkatan jumlahnya melalui sumber makanan seperti jus tomat dapat membantu mengobati banyak gangguan kesehatan mental.

11. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Wanita pascamenopause lebih rentan terkena penyakit terkait tulang seperti osteoporosis.

BACA JUGA: Manfaat Air Jeruk Nipis Campur Serai, Bisa Cegah Kanker hingga Atasi Insomnia

Menurut sebuah penelitian, likopen yang banyak ditemukan dalam jus tomat dapat membantu mengurangi penanda resorpsi tulang N-telopeptida (NTx) dan stres oksidatif karena kapasitas antioksidannya dan dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: