Autopsi Ulang Brigadir J Selesai, Pemakaman Dilakukan Secara Kedinasan

Autopsi Ulang Brigadir J Selesai, Pemakaman Dilakukan Secara Kedinasan

Setelah autopsi ulang Brigadir J selesai, jenazah almarhum dilakukan pemakaman secara kedinasan di TPU Sungai Bahar, Muaro Jambi. Foto : JAMBIEKSPRES.DISWAY.ID/DNN--

ENIMEKSPRES.CO.ID, JAMBI - Setelah autopsi ulang Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J selesai, dilakukan pemakaman secara kedinasan di TPU Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Sebelum dibawa ke pemakaman, jenazah Brigadir J menjalani upacara kedinasan yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar.

Sedangkan pada pemakaman pertamanya, Brigadir J tidak mendapatkan proses pemakanan secara kedinasan, dan hanya dilakukan oleh pihak keluarga serta warga sekitar.

Autopsi Brigadir J telah selesai dilakukan di RSUD Sungai Bahar, pada Rabu (27/7/2022) oleh tim forensik gabungan.

BACA JUGA: Hasil Temuan Komnas HAM, Brigadir J Disebut Ditembak dari Jarak Dekat

Sedangkan di lokasi TPU Sungai Bahar terlihat warga mulai memadati area tersebut termasuk keluarga dari Brigadir J, yang akan menyambut kedatangan jenazah.

Selain itu, hasil autopsi Brigadir J juga masih belum diumumkan apakah sama atau terdapat perbedaan serta pengungkapan fakta baru.

“Kami ingin menyaksikan langsung bagaimana proses pemakaman kembali jenazahnya,” ujar salah satu warga yang mendatangi lokasi pemakaman Brigadir J.

BACA JUGA: Jelang Autopsi Ulang Brigadir J, Ini Pesan Tegas Jenderal Andika pada Dokter Forensik TNI: Jaga Integritas

Tim forensik langsung melakukan proses autopsi ulang Brigadir J setelah jasadnya sampai di RSUD Sungai Bahar. Dalam proses autopsi ulang Brigadir J, pihak keluarga mengajukan permintaan khusus kepada tim forensik.

Hal tersebut diungkapkan oleh kuasa hukum keluarga almarhum Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak, yang menjelaskan dalam proses autopsi ulang Brigadir J pihak keluarga sudah menitipkan 1 orang ahli kesehatan yang memantau langsung di dalam kamar autopsi Brigadir J.

Kamarudin meminta kepada tim forensik melakukan pemeriksaan pada dua bagian tubuh Brigadir J, di antaranya adalah bagian alat vital dan dubur almarhum, sehingga hasil autopsi ulang Brigadir J benar-benar lengkap.

BACA JUGA: Organ Brigadir J Dibawa ke Jakarta untuk Autopsi Ulang, Ini Penjelasan Kuasa Hukum Keluarga

“Saya juga ajukan pemeriksaan alat vital, dubur. Jadi jangan sampai ada yang terlewatkan. Dari ujung rambut dan kaki kami minta diperiksa,” imbuhnya.

“Nanti akan kita ketahui apa-apa saja lukanya, kemudian jenis lukanya apa saja. Apa kena peluru, timah panas, atau benturan benda keras misalnya, atau senjata tajam,” kata Kamarudin.

Terkait hasil autopsi ulang ini, Kamaruddin mengakui belum mengetahui pasti kapan hasilnya akan keluar. (disway.id/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id