Organ Brigadir J Dibawa ke Jakarta untuk Autopsi Ulang, Ini Penjelasan Kuasa Hukum Keluarga

Organ Brigadir J Dibawa ke Jakarta untuk Autopsi Ulang, Ini Penjelasan Kuasa Hukum Keluarga

Autopsi ulang Brigadir J, rencananya jenazah akan langsung di makamkan lagi di TPU Sungai Bahar. -DISWAY.ID/DNN-

ENIMEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Dalam melakukan autopsi ulang, beberapa organ tubuh Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J dibawa ke Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh kuasa hukum keluarga Brigadir J, Jhonson Panjaitan.

Jhonson mengatakan beberapa bagian organ Brigadir J yang dibawa untuk pemeriksaan lebih detil. Kata Jhonson organ Brigadir J yang dibawa ke Jakarta tersebut sebelumnya telah dibicarakan oleh tim forensik Mabes Polri dengan tim independen serta perwakilan keluarga.

Adapun bagian organ Brigadir J yang dibawa ke Jakarta adalah bagian yang dicurigai akibat penganiayaan. Di mana sebelumnya menurut kepolisian bahwa Brigadir J tewas oleh Bharada E akibat aksi polisi tembak polisi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

BACA JUGA: Kuku Brigadir J Diduga Dicopot, Komnas HAM Ungkap Pengakuan Keluarga

“Beberapa organ tubuh Brigadir J akan dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan karena di Jambi tidak bisa dilakukan,” ucap Jhonson Panjaitan di Jambi, Rabu (27/7/2022).

Dalam pelaksanaan autopsi ulang Brigadir J dilakukan oleh berbagai pihak, di antaranya dari TNI, perguruan tinggi, dan dokter perwakilan keluarga yang ditunjuk.

“Kami melibatkan berbagai pihak dalam autopsi ulang Brigadir J agar hasil autopsi ulang Brigadir J akan transparan sehingga bisa terungkap kasus ini dengan sebenarnya apa penyebab kematiannya,” tambah Jhonson.

BACA JUGA: Hasil Temuan Komnas HAM, Brigadir J Disebut Ditembak dari Jarak Dekat

Sedangkan dalam pelaksanaan autopsi ulang Brigadir J telah disepakati dengan tim Mabes Polri bahwa pihak keluarga akan dibolehkan untuk melihat langsung mulai dari penggalian kuburan sampai pelaksanaannya.

Sebelumnya, juga diberitakan autopsi ulang Brigadir J dilakukan, Rabu (27/7/2022) pagi di Jambi. Setelah dilakukan ekshumasi atau penggalian makam, jenazah Brigadir J langsung dibawa ke RSUD Sungai Bahar untuk dilakukan autopsi ulang.

Jenazah Brigadir J tiba di RSUD Sungai Bahar sekitar pukul 08.40 WIB dibawa dengan mobil ambulans dikawal ketat tim yang telah dibentuk sebelumnya. Tim dokter forensik dari pantauan, sejak pukul 07.20 WIB telah datang ke RS dengan membawa banyak perlengkapan.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Perintahkan Kasus Brigadir J Dibuka Transparan

Terlihat di lokasi tak sedikit keluarga dan masyarakat setempat yang berdiri di sepanjang jalan dan sekitar rumah sakit. Mereka ingin melihat dari kejauahan sambil menunggu proses autopsi ulang selesai. Sedangkan akses masuk ke RSUD Sungai Bahar dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, pada Jumat (22/7/2022) mengatakan tim yang akan melakukan autopsi ulang Brigadir J berasal dari perhimpunan dokter forensik Indonesia sebanyak 7 orang, ada juga di antaranya guru besar perguruan tinggi.

Kamaruddin Simanjuntak, kuasa hukum keluarga Brigadir J sebelumnya, mengatakan autopsi ulang dilakukan oleh tim independen dengan melibatkan dokter forensik dari rumah sakit tiga matra TNI hingga RS Cipto Mangunkusumo, dan rumah sakit swasta.

BACA JUGA: Aksi Baku Tembak Antara Brigadir J dengan Bharada E Tinggalkan 7 Titik Bekas Peluru

Mereka adalah tim independen yang terdiri dari dokter forensik gabungan dari RSPAD, RSAL, RSAU, RSCM, dan salah satu RS swasta nasional, termasuk yang diajukan Polisi.

Pengamanan proses autopsi ulang ini juga terbilang ketat, Karo Ops Polda Jambi, Kombes Pol Feri Handoko Soenarso, mengatakan akan diturunkan 358 personel untuk mengamankan proses autopsi ulang jenazah Brigadir J di Kecamatan Sungai Bahar Muaro Jambi.

Selain Rumah sakit sebagai lokasi autopsi, sejumlah tempat seperti di rumah duka, pemakaman, dan tempat lain juga terlihat banyak petugas keamanan. (disway.id/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id