Ombudsman RI Beri Pendampingan Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik kepada Pemkab Muara Enim
Pemkab Muara Enim bekerjasama dengan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan menyelenggarakan kegiatan pendampingan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--
Selain pengawasan dari masyarakat sebagai pengguna layanan, Ombudsman RI juga berperan aktif dalam melakukan pengawasan eksternal.
"Ombudsman tidak hanya menindaklanjuti pengaduan masyarakat tetapi juga mencegah potensi maladministrasi melalui penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik," ujarnya.
BACA JUGA:Sumbang Penerimaan Daerah Rp45,7 Miliar, Sekda Muara Enim Dorong DBH Migas Terus Ditingkatkan
BACA JUGA:Permudah Izin Berusaha, Pemkab Muara Enim Gelar Sosialisasi NIB
Kabupaten Muara Enim sendiri telah menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Berbagai langkah telah diambil, termasuk pembenahan sistem, penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan profesionalitas sumber daya manusia, serta inovasi pelayanan publik untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas.
Peningkatan ini dibuktikan dengan raihan Kabupaten Muara Enim dalam penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik tahun 2024.
Kabupaten ini berhasil meraih zona hijau dengan nilai 89,19 kategori A, opini kualitas tertinggi. Nilai tersebut meningkat 0,68 poin dibandingkan tahun sebelumnya.
"Alhamdulillah, ini berkat bimbingan Ombudsman RI dan kerja keras semua pihak. Kami berharap hasil tahun depan akan lebih baik lagi,” ujar Syarpuddin.
BACA JUGA:Raperda APBD Kabupaten Muara Enim Tahun 2025 Disepakati Sebesar Rp3,6 Triliun
BACA JUGA:Kejuaraan Burung Berkicau Diramaikan Peserta dari Luar Daerah Muara Enim
Masih dikatakan Syarpuddin, bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan kali kedua di tahun 2024.
Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilaksanakan pada 16 Mei 2024, sebelum pelaksanaan penilaian kepatuhan.
Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh peserta memanfaatkan kegiatan ini untuk berdiskusi dengan tim Ombudsman RI agar tercipta kesamaan persepsi dalam memenuhi standar pelayanan publik.
"Kami berharap kehadiran Ombudsman RI akan memperkuat kerja sama yang telah terjalin baik. Semoga sinergi ini terus berlanjut dan membawa Kabupaten Muara Enim menjadi lebih maju dalam memberikan pelayanan publik yang transparan, responsif, dan berkualitas,” ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: