Pj Gubernur Sumsel Hadiri Puncak Peringatan Hari UMKM Nasional 2024

Pj Gubernur Sumsel Hadiri Puncak Peringatan Hari UMKM Nasional 2024

Gubernur Sumsel Elen Setiadi, menghadiri puncak peringatan Hari UMKM Nasional 2024 yang dilaksanakan di Dining Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis 5 September 2024 malam. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki. --

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dan mendapatkan mitra baru dalam mempromosikan produknya,” harap Elen.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki mengapresiasi para pelaku UMKM yang telah ikut serta dalam puncak peringatan Hari UMKM Nasional 2024, sebab UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

BACA JUGA:Bincang Dekranas: UMKM Wajib Lihat Peluang Digitalisasi Usaha

BACA JUGA:Manfaat Pinjaman UMKM Online untuk Pelaku Usaha

"97% lapangan kerja di Indonesia disediakan oleh UMKM. Pemerintah berupaya untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dengan memberikan kemudahan dalam izin usaha, implementasi belanja, serta mendorong percepatan implementasi penggunaan 30% ruang publik untuk UMKM,” kata Teten.

Teten menegaskan, Pemerintah tetap berusaha agar UMKM tidak terlilit hutang.

Tak hanya itu, untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, UMKM harus bertransformasi dengan beberapa pondasi dasar yang harus dilaksanakan.

"Pertama menjadikan UKM dengan produk ekonomi baru dan UMKM semakin meningkatkan produknya," pesan dia.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! Pemprov Sumsel Siapkan 1.000 Sertifikasi Halal Gratis untuk UMKM di Sumsel

BACA JUGA:Rumah BUMN Gelar Pelatihan Bantu UMKM Survive

"Kedua meningkatkan pondasi usaha berbasis koperasi, UMKM menjadi bagian hilirisasi dan industrialisasi," imbuhnya.

"Ketiga, industrialisasi UMKM. Keempat peningkatan daya saing dan kualitas UMKM. Kemudian kelima inovasi pembiayaan, 30% kredit perbankan ditargetkan untuk UMKM,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel, Amiruddin menungkapkan, puncak peringatan Hari UMKM Nasional diselenggarakan bertujuan untuk mempromosikan produk UMKM seluruh Indonesia.

“Selain itu juga membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Menarik investor untuk berinvestasi, serta memperluas jaringan kerjasama antar provinsi di bidang ekonomi, seni, dan kebudayaan,” tandasnya.

BACA JUGA:PTBA Menggelar Kegiatan Pelatihan Usaha untuk Mitra Binaan UMKM dan Masyarakat Umum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: