Jangan Lewatkan! Pemprov Sumsel Siapkan 1.000 Sertifikasi Halal Gratis untuk UMKM di Sumsel

Jangan Lewatkan! Pemprov Sumsel Siapkan 1.000 Sertifikasi Halal Gratis untuk UMKM di Sumsel

Pemprov Sumsel siapkan 1.000 sertifikasi halal gratis untuk UMKM di Sumsel. Foto : DOK--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Kesempatan emas ini jangan dilewatkan, soalnya Pemprov Sumsel menyiapkan 1.000 sertifikat halal gratis untuk UMKM di Sumsel.

“Kami mengimbau pelaku UMKM untuk tidak melewatkan kesempatan ini," imbuh Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni Fatoni usai menghadiri Syariah Festival Sriwijaya 2024 di Palembang Indah Mall, Palembang, pada, Kamis 28 Maret 2024.

Untuk itu, pelaku UMKM yang ingin mendapatkan sertifikasi halal gratis ini agar segera melengkapi persyaratan pendaftaran melalui Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sumsel.

"Pemberian sertifikat halal pada produk makanan dan minuman sangat penting, agar konsumen muslim terlindungi terhadap produk yang tidak halal,” kata Fatoni. 

BACA JUGA:Target 1 Juta Sertifikasi Halal di 2024, Ini yang Dilakukan BPJPH

Fatoni menyebut, sertifikasi halal saat ini sudah menjadi kebutuhan para pelaku usaha dalam memproduksi makanan dan minuman.

Apalagi, Indonesia merupakan Negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak kedua di dunia dengan 86,7 persen populasi beragama muslim.

Sedangkan di Provinsi Sumsel sendiri, berdasarkan data pada tahun 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 94,24 persen dari total penduduk merupakan muslim.

Dengan banyaknya populasi umat muslim di Provinsi Sumsel, maka sudah sewajarnya daerah ini mendukung pengembangan ekonomi syariah, mencakup sektor keuangan, fashion, kuliner, pariwisata, dan lainnya.

BACA JUGA:Kementerian Agama Ajak UMKM Daftarkan Sertifikat Halal Untuk Semua Produk, Begini Caranya

Kemudian, dalam upaya pengembangan ekonomi syariah, para pelaku UMKM dan pondok pesantren dapat menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan berbasis syariah.

Tujuannya, mendukung terwujudnya ekosistem halal value chain berdaya saing tinggi.

Pemprov Sumsel mengapresiasi inisiatif, komitmen dan peran nyata Bank Indonesia beserta Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah yang secara konsisten dan berkesinambungan terus melakukan upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik di pusat maupun di Provinsi Sumsel," sebut Fatoni.

"Salah satunya melalui kegiatan yang Syariah Festival Sriwijaya dalam rangka Road to Festival Ekonomi Syariah Sumatera 2024,” ucap Fatoni lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: