Rumah BUMN Gelar Pelatihan Bantu UMKM Survive

Rumah BUMN Gelar Pelatihan Bantu UMKM Survive

Pelatihan untuk pelaku UMKM oleh Rumah BUMN PT Bukit Asam. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - PT Bukit Asam melalui Rumah BUMN terus menggelar pelatihan untuk membantu UMKM survive di dunia bisnis pasar digital.

Pelatihan tersebut mengangkat tema "Strategi Optimasi Facebook Marketplace"

Kegiatan ini diselenggarakan di Rumah BUMN PT Bukit Asam, Tanjung Enim, pada Senin 22 Agustus 2023.

Erizaldi Ahmad Saputra, selaku Koordinator Rumah BUMN Bukit Asam, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 14 UMKM dari berbagai bidang seperti perdagangan, jasa, dan perindustrian.

BACA JUGA:Muara Enim Terbuka Bagi Civitas Akademik, UIN Raden Fatah Siap Dukung UMKM

Ia berpesan agar seluruh UMKM binaan PT Bukit Asam dapat terlibat aktif dengan program pelatihan usaha yang diadakan Rumah BUMN.

"Karena kami tahu usaha itu bukan lancar-lancar saja, namun ada juga yang batuk-batuk usahanya. Makanya program ini diadakan untuk up-scaling agar usahanya yang masih batuk-batuk, bisa berjalan lancar kembali," katanya.

A.M micro and small Enterprise Funding, Junardi menyampaikan Rumah BUMN Bukit Asam ini adalah rumahnya para UMKM.

"Jadi kami sangat mempersilahkan mitra binaan untuk memaksimalisasi rumah kita ini dalam menyampaikan kendala bisnis, share ide bisnis bahkan mungkin peluang-pluang bisnis ke depan, agar terjadi integrasi dan kerja sama yang baik di antara kita dari modal yang kami berikan itu bisa berkembang dan berhasil dalam menumbuhkan usahanya," ungkap dia.

BACA JUGA:Batik Warga Binaan Lapas Muara Enim Sumsel Berpeluang Bangkitkan UMKM Daerah

Mustafa Kamal selaku AVP Suistinable Economic Social and Environment, menambahkan perubahan nama dari CSR menjadi Suistainablity menegaskan bahwa program ini haruslah berkelanjutan.

Agar modal usaha tersebut bisa berputar di banyak usaha, sehingga lebih banyak usahaya yang bisa dibantu.

"Oleh karena itu, boleh sesekali kami diundang ke tempat usaha bapak ibu untuk berkunjung dan mengetahui situasi langsung dari kondisi usaha bapak dan ibu sekalian," kata Mustafa Kamal.

Narasumber kegiatan, Dandi Rachmanda atau akrab dipanggil Bang Dan, menyampaikan  bahwasanya keterbukaan era digital hari ini memaksa semua untuk melek e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: