Pj Sekda Sumsel Dorong Agar BBLKM Jadi Laboratorium Kesehatan Masyarakat yang Berkualitas Tinggi

Pj Sekda Sumsel Dorong Agar BBLKM Jadi Laboratorium Kesehatan Masyarakat yang Berkualitas Tinggi

Pj Sekda Sumsel Edward Candra menghadiri HUT BBLKM Palembang ke-51 tahun 2024. Foto : DOK--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Sekda Sumsel, H. Edward Candra, menghadiri peringatan HUT ke-51 Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BBLKM) Palembang.

Di hari jadi ke-51 tahun ini, Pj Sekda Sumsel berharap BBLKM bisa menjadi Laboratorium kesehatan masyarakat yang berkualitas tinggi.

Ia juga berharap dan terus mendorong BBLKM Palembang semakin maju dan mendapat tempat di masyarakat Indonesia, terkhusus wilayah Sumsel.

Edward mengatakan, berdasarkan data dari WHO tahun 2022 menunjukkan jutaan orang meninggal setiap tahun akibat Hepatitis B.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Terima Penghargaan Bapanas Award dari Badan Pangan Nasional

Di mana sebanyak 253 juta orang terinfeksi Hepatitis B dan 1,1 juta di antaranya meninggal dunia.

Di Indonesia sendiri sekitar 6,7 juta penduduk hidup dengan hepatitis B kronik, sebanyak 62 infeksi baru hepatitis terjadi setiap hari dengan 165 angka kematian setiap harinya. 

Sedangkan cakupan diagnosis hepatitis di Indonesia masih rendah, hanya sekitar 3% orang dengan hepatitis B kronik yang tahu dirinya terinfeksi.

Kemudian kurang dari 1% orang dengan hepatitis B kronik yang mendapatkan pengobatan.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Pimpin Rakor Aktivasi Posko Pengendalian Karhutla

"Maka dari itu melalui kegiatan skrining Hepatitis yang dilakukan hari ini kita harap dapat meningkatkan cakupan diagnosis sebagai upaya deteksi dini terhadap penyakit hepatitis B," harap Pj Sekda Sumsel Edward.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan Skrining pemeriksaan Hepatitis B secara serentak yang melibatkan 5 provinsi (Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, lampung dan Kepulauan Bangka Belitung) serta 2 organisasi profesi yakni Patelki dan IBI merupakan hal luar biasa yang menjadi pencapaian BBLKM Palembang.

"Pemprov sangat mengapresiasi hal itu, selanjutnya dengan pemecahan rekor MURI yang menambah semarak kegiatan HUT BBLKM Palembang tahun ini," ujar Edward.

Edward juga mengingatkan mengenai pentingnya peranan laboratorium dalam berbagai program dan upaya kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: