Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Intan Maharani. Foto : DOK PRIBADI FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Dengan lagu anak dapat mengikuti pembelajaran dengan cara nyata atau konkret sehingga mampu membuat anak menjadi lebih senang dan gembira, yang diarahkan pada suatu kondisi psikis untuk membangun jiwa yang gembira, senang menikmati keindahan lagu yang dinyanyikan disertai dengan gerakan, mengembangkan rasa melalui bernyanyi yaitu ungkapan kata dan nada yang dirangkai hingga menjadi sebuah lagu, serta ritmik yang memperindah suasana belajar.

Adapun lagu yang baik bagi kalangan anak usia dini ataupun Taman Kanak-kanak adalah lagu yang memperhatikan kriteria sebagai berikut lirik atau kalimatnya tidak terlalu panjang, mudah dihafal oleh anak, ada misi pendidikan, sesuai karakter dan dunia anak, nada yang diajarkan mudah dikuasai anak.

Karena mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia, tentunya proses pembelajaran dalam pengenalan aspek bahasa Inggris memerlukan pendekatan yang tepat dan efektif di dalam penerapannya khususnya di kelas, hal ini dikarenakan bahasa inggris bukan bahasa utama anak.

Di dalam hal ini, nyanyian atau lagu digunakan sebagai teknik mengajar di dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Lagu yang diterapkan merupakan lagu yang memiliki lirik singkat dan mudah dipahami oleh anak.

BACA JUGA:Faktor yang Mempengaruhi Sulitnya Normalisasi Pendidikan Bahasa Inggris di Pedesaan

Saran dan Solusi

Kini adalah saatnya guru mengajak untuk menyanyikan lagu itu bersama. Saat anak bernyanyi, guru bisa mengetahui bagaimana caranya melafalkan sebuah kata dalam Bahasa Inggris.

Jika ada yang belum sesuai, Aktivitas bernyanyi bersama ini berguna untuk mengasah speaking skill anak, supaya ia semakin mengetahui dan lancar melafalkan Bahasa Inggris.

Jika anak sudah terbiasa mendengarkan lagu tersebut, guru tersebut dapat mengecek pemahamannya.

BACA JUGA:Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Di awal, sangat wajar apabila anak belum memahami artinya dengan benar.

Di sinilah guru berperan untuk menjelaskannya.

Misalnya, dari lagu-lagu Twinkle-Twinkle Little Star, guru bisa meminta anak untuk bercerita kira-kira lagu itu tentang apa.

Guru juga bisa bertanya apakah anak sudah paham arti kata ‘little’ atau ‘star’ yang ada di sana.

BACA JUGA:Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: