Peran Orang Tua dalam Membentuk Perilaku dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Peran Orang Tua dalam Membentuk Perilaku dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Sintia Sari. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Apabila anak telah masuk sekolah, orang tua adalah mitra kerja guru bagi anaknya dan orang tua merupakan guru utama yang menggunakan segala kemampuan mereka, guna keuntungan mereka sendiri, anak-anaknya, serta program yang dijalankan anak itu sendiri.

Orang tua, anak dan program sekolah merupakan bagian dari suatu proses membentuk perkembangan anak.

Peran orang tua sangat signifikan dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Mereka adalah figur yang paling dekat dengan anak dan memiliki tanggung jawab untuk mengasuh serta membimbing mereka dengan memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, orang tua juga memperkenalkan anak pada berbagai aspek dunia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan jelas.

Orang tua berperan sebagai pusat kehidupan spiritual anak dan merupakan faktor utama dalam sosialisasi anak dengan dunia luar.

Respons emosional anak dan pola pikirnya di masa depan sering dipengaruhi oleh hubungan awalnya dengan orang tua.

Oleh karena itu, peran orang tua, baik sebagai individu maupun sebagai pasangan, sangat mempengaruhi pendidikan dan perkembangan anak.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini

Saran dan Solusi

Menjadi teladan yang baik bagi anak-anak, orang tua harus menunjukkan perilaku positif seperti berkomunikasi dengan baik, menyelesaikan masalah secara bijaksana, dan menunjukkan empati.

Mendorong kemandirian dengan mengajarkan anak untuk melakukan tugas sesuai dengan usianya dapat membantu mereka mengembangkan kecerdasan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Berkomunikasi terbuka, di mana anak diberi kesempatan untuk bertanya dan berbicara tentang berbagai hal, dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan berbicara dan berpikir kritis.

Selain membangun kecerdasan intelektual, orang tua juga perlu mengajarkan nilai-nilai moral dan etika seperti kejujuran, kerja sama, dan menghargai perbedaan kepada anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: