Peran Orang Tua dalam Membentuk Perilaku dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Peran Orang Tua dalam Membentuk Perilaku dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Sintia Sari. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

BACA JUGA:Disrupsi BSI

Anak yang merasa aman dan dicintai akan lebih percaya diri dalam menjelajahi dunia di sekitarnya.

Interaksi positif antara orang tua dan anak juga mendukung perkembangan kecerdasan emosional, yang penting untuk kesuksesan masa depan anak.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah unik dan berkembang dengan kecepatan mereka sendiri.

BACA JUGA:Menyoal 'Miskin' Kosakata Bahasa Indonesia

Menurut John Locke dalam jurnal yang diterbitkan oleh Naisaban (2004) yang berjudul peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini mengatakan bahwa setiap anak yang lahir diibaratkan seperti kertas putih bersih yang dimaksudkan bahwa anak secara pengetahuan dan emosional belum mempunyai suatu apapun.

Melalui indra selanjutnya anak mulai mempunyai pengetahuan dengan cara berinteraksi dengan dunia luar.

Orang tua dalam hal ini adalah sosok yang penting mengingat orang tua adalah guru pertama bagi anak untuk memberikan  coretan-coretan pertama bagi anak.

BACA JUGA:Starlink 'Berbahaya' Bagi Indonesia

Pembahasan

Apakah Perilaku dan Kecerdasan Penting Bagi Anak?

Perilaku yang positif membantu anak berinteraksi secara sosial dengan baik, membangun hubungan yang sehat, dan mengelola emosi dengan efektif.

Anak-anak yang menunjukkan perilaku yang baik cenderung lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka, menyelesaikan konflik secara positif, dan menunjukkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai sosial yang diharapkan.

BACA JUGA:Fenomena Pinjol dan Judi Online: Gagalnya Revolusi Mental?

Kecerdasan anak tidak hanya meliputi kemampuan kognitif seperti pemahaman informasi, memecahkan masalah, dan belajar efektif, tetapi juga kecerdasan emosional yang mencakup kemampuan untuk mengenali dan mengatur emosi sendiri serta empati terhadap orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: