Peran Orang Tua dalam Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Peran Orang Tua dalam Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Ghaitsa Naia Ramadhani. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

BACA JUGA:Peran Guru PAI Bekali Siswa Terhadap Sekolah Pada Nilai Ujian Praktek Agama

Dukungan emosional yang diberikan oleh orang tua juga berperan penting dalam mendorong perkembangan kognitif anak usia dini.

Pujian yang tulus, dorongan saat anak menghadapi kesulitan, dan dukungan saat anak mencapai pencapaian akan memperkuat motivasi anak untuk terus belajar, berkembang, dan mengasah kemampuan kognitif mereka.

Dukungan emosional yang konsisten dan penuh kasih membantu anak merasa dihargai, didukung, dan diterima, yang pada gilirannya memperkuat rasa percaya diri mereka.

Komunikasi yang terbuka dan aktif antara orang tua dan anak juga merupakan aspek penting dalam mendorong perkembangan kognitif anak usia dini.

BACA JUGA:Komunikasi dalam Bingkai Disrupsi di Era Digital

Dengan mendengarkan dengan penuh perhatian, berbicara dengan jujur, dan memberikan kesempatan untuk berdialog, orang tua dapat memahami kebutuhan, keinginan, dan perasaan anak dengan lebih baik.

Komunikasi yang efektif membantu membangun hubungan yang sehat antara orang tua dan anak, memungkinkan anak merasa didengar, dipahami, dan dihargai.

Pada tingkat kognitif, orang tua juga berperan dalam membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan memahami konsep-konsep abstrak.

Dengan memberikan tantangan intelektual yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, seperti mendorong mereka untuk menyelesaikan teka-teki, membangun blok, atau menceritakan cerita, orang tua membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka.

BACA JUGA:Menggabungkan Pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Berbasis Permainan

Melalui interaksi yang merangsang, orang tua juga membantu anak untuk memperluas wawasan mereka, meningkatkan daya ingat, dan mengasah kemampuan kognitif lainnya.

Selain dari aspek intelektual, orang tua juga berperan dalam membantu anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional.

Melalui interaksi sosial dengan orang tua, saudara, dan teman sebaya, anak belajar untuk berbagi, bekerja sama, mengelola emosi, dan memahami cara berkomunikasi dengan orang lain.

Orang tua juga membantu anak dalam memahami norma sosial, membangun hubungan yang baik dengan orang lain, dan mengembangkan kemampuan untuk berempati dan beradaptasi dalam berbagai situasi sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: