Masjid Cheng Hoo : Destinasi Wisata Religi di Palembang Sumatera Selatan

Masjid Cheng Hoo : Destinasi Wisata Religi di Palembang Sumatera Selatan

Masjid Cheng Hoo : Destinasi Wisata Religi di Palembang Sumatera Selatan. FOTO : IST--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Masjid Al Islam Cheng Hoo Sriwijaya atau biasa disingkat Masjid Cheng Hoo menjadi kebanggan Palembang Sumatera Selatan, setelah masjid Agung Palembang atau masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo merupakan masjid tertua di Palembang Sumsel.

Kembali membahas masjid Cheng Hoo Palembang, dikenal sebagai simbol harmoni antar umat beragama, masjid Cheng Hoo kesehariannya menjadi jujukan wisatawan yang datang dari luar Palembang, bahkan luar Sumatera Selatan. 

Selain melaksanakan ibadah 5 waktu, para pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan arsiktetur islam Tionghoa, serta merasakan kedamaian spiritual di tengah kesibukan kota. 

Sehingga pantas saja jika di bulan Ramadhan ini kunjungan wisatawan terus meningkat dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:CSR PT BAS Titan Group Peduli Bantu Alat Pendingin AC Untuk Masjid Al Barokah Desa Pulau Panggung

Jadoi tidaklah mengherankan mengingat bulan suci bagi umat Muslim ini menjadi momen yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia.

Masjid Al Islam Cheng Hoo Sriwijaya atau biasa disingkat Masjid Cheng Hoo ini konon dinamai sesuai nama laksamana Muslim asal Tiongkok, Cheng Ho. 

Dimana sejarahnya dari pendiri masjid itu diketahui menyebarkan agama Islam di wilayah yang didatanginya untuk berdagang, salah satunya Indonesia.

Masjid Cheng Hoo terletak di kawasan Jakabaring. 

BACA JUGA:Masjid Agung Muara Enim Gelar Peringatan Isra' Mi'raj 1445 H/2024 M

Dilihat secara langsung dengan mata, bahwa masjid ini berdesain seperti rumah dalam budaya Tionghoa. 

Dilingkungan Masjid Cheng Hoo memiliki menara yang masing-masing diberi nama Habluminallah (hubungan dengan Allah) dan Habluminanas (hubungan dengan manusia). 

Masjid ini terdiri dari lima tingkat yang melambangkan jumlah waktu shalat yakni lima waktu.

Bukan hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Cheng Hoo juga menawarkan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial yang menarik selama bulan Ramadhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: