Puasa Ramadhan Segera Tiba, berikut 4 Persiapan yang Mesti Dilakukan Seorang Muslim

 Puasa Ramadhan Segera Tiba, berikut 4 Persiapan yang Mesti Dilakukan Seorang Muslim

Puasa Ramadhan Segera Tiba, Berikut 4 Persiapan yang Mesti Dilakukan Seorang Muslim.(foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID,---Ketika bulan Sya’ban beberapa hari lagimulai meninggalkan kita. Kita sebagai umat Islam berdiri di ambang kedatangan Ramadhan. Bulan yang di dalamnya tercurah limpahan kasih dan berkah yang tiada tara. 

Mari kita bersama-sama berharap dapat bertemu lagi dengan bulan suci ini, sebuah waktu di mana rahmat Allah melimpah ruah . Serta kesempatan untuk dibebaskan dari siksa neraka menjadi nyata.

Ramadhan diistimewakan oleh Allah SWT, sebagaimana terungkap dalam sabda-Nya yang penuh dengan keagungan, bahwa di bulan ini terdapat anugerah tanpa batas, maaf yang luas, dan perlindungan dari azab. 

BACA JUGA:Lalu Lintas di Lokasi Proyek Fly Over Bantaian Kembali Normal

Dalam hadits kudsi, Allah SWT berfirman mengenai kedudukan puasa yang unik, "Setiap amal perbuatan manusia adalah untuk dirinya sendiri, kecuali puasa. Puasa itu untuk-Ku, dan Aku lah yang akan memberikan pahalanya." 

Hadits ini menggarisbawahi keistimewaan Ramadhan, menunjukkan betapa Rasulullah SAW dengan penuh antusiasme berdoa, berharap untuk bertemu dengan bulan suci ini.

Rasulullah SAW terbiasa berdoa dengan penuh harap, memohon kepada Allah SWT agar diberikan kesempatan menyambut Ramadhan.

Ketika bulan Rajab tiba, beliau memohon, "Ya Allah, limpahkanlah berkahMu pada kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan pertemukanlah kami dengan Ramadhan." (HR Thabrani).

BACA JUGA:Ternyata Warna Tutup Botol Air Kemasan Ada Artinya, Umur Berapa Kamu Baru Tau? Yuk, Simak Informasinya

Dalam sebuah pesan yang penuh hikmah, Rasulullah SAW mengajak para sahabatnya untuk menyambut Ramadhan sebagai bulan yang terutama, "Ramadhan telah mendekat, bulan yang terunggul di antara bulan-bulan, membawa berkah, mari kita sambut dengan gembira."

Kemudian sebagai umat Muslim, lalu apa yang akan kita persiapan  dalam menyongsong bulan suci Ramadhan. Berikut 4 persiapan yang harus kita siapkan saat menjalankan puasa Ramadhan.

1. Siapkan diri secara keseluruhan; mental, spiritual, dan fisik. Ramadhan menuntut kesiapan yang menyeluruh, karena ibadah di dalamnya melibatkan seluruh aspek diri.

2. Kendalikan diri dari segala tindakan dan pemikiran negatif. Esensi puasa adalah pengendalian diri dari segala hasrat duniawi, dari yang tampak maupun yang tersembunyi, yang berkaitan dengan fisik maupun spiritual.

BACA JUGA:Terjadi Kecelakaan Kerja di Proyek Pembangunan Fly Over Bantaian, Ada Korban Jiwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: