KPU Muara Enim Musnahkan 1.583 Lembar Surat Suara Rusak

KPU Muara Enim Musnahkan 1.583 Lembar Surat Suara Rusak

KPU Muara Enim musnahkan surat suara rusak. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, KPU Muara Enim musnahkan 1.583 surat suara rusak dan surat suara lebih.

Kegiatan pemusnahan ini berlangsung di halaman gudang logistik KPU Muara Enim, pada Selasa 13 Februari 2024.

Ketua KPU Muara Enim, Rohani, mengatakan bahwa sesuai dengan surat KPU Nomor 1395 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknik Tata Cara Kelola Logistik Pemilu yang mengatur tentang pemusnahan.

Maka semua surat suara yang rusak atau lebih harus dimusnahkan.

BACA JUGA:Forkopimda Muara Enim Cek Kesiapan TPS untuk Pemilu 2024

Adapun tujuan pemusnahan tersebut supaya surat suara ini tidak bisa dipakai lagi dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Adapun jenis surat suara yang dimusnahkan tersebut, yakni Surat Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 52 lembar.

Kemudian Surat Suara Pemilu DPRD Dapil Sumatera Selatan sebanyak 808 lembar, Surat Suara Pemilu DPR Dapil Sumatera Selatan 2 sebanyak 156 lembar.

Lalu Surat Suara Pemilu DPRD Provinsi Dapil Sumatera Selatan 6 sebanyak 467 lembar, Surat Suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota Dapil Muara Enim 1 sebanyak 5 lembar.

BACA JUGA:Logistik Pemilu Mulai Dikirim ke Tingkat PPS

Surat Suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota Dapil Muara Enim 2 sebanyak 4 lembar, Surat Suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota Dapil Muara Enim 3 sebanyak 20 lembar.

Selanjutnya, Surat Suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota Dapil Muara Enim 4 sebanyak 24 lembar, dan Surat Suara Pemilu DPRD Kabupaten/Kota Dapil Muara Enim 5 sebanyak 47 lembar.

"Pemusnahan tersebut selain memang perintah juga untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat dan tidak berprasangka yang negatif kepada penyelenggaran Pemilu," pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Muara Enim, Andi Wijaya mengatakan, saat ini logistik sudah tiba di 22 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: