Pemkab Muara Enim Canangkan Gerakan Gemar Makan Telur, Upaya Cegah Stunting

Pemkab Muara Enim Canangkan Gerakan Gemar Makan Telur, Upaya Cegah Stunting

Plt Bupati Muara Enim didampingi Plt Ketua TP PKK memberikan telur kepada anak-anak. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Muara Enim melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, mencanangkan gerakan gemar makan telur yang di launching di Desa Lambur, Kecamatan Panang Enim, Jumat 11 Agustus 2023 petang.

Gerakan gemar makan telur tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam penurunan angka kasus stunting di Bumi Serasan Sekundang.

Di mana satu hari satu telur dapat meningkatkan asupan protein hewani pada balita karena telur mengandung protein tinggi.

Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, mengatakan tantangan saat ini ada berbagai permasalahan gizi, yaitu masih tingginya prevalensi stunting, underweight, wasting, dan anemia pada ibu hamil, serta semakin meningkatnya obesitas pada orang dewasa.

BACA JUGA:Tiga Desa di Kabupaten Muara Enim Prioritas Penanganan Stunting

BACA JUGA:Audiensi ke BKKBN, Pemuda Panca Marga Siap Berkolaborasi Turunkan Stunting

“Berbagai masalah gizi tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup generasi mendatang dan menjadi beban negara akibat besarnya ekonomi yang harus dikeluarkan  sebagai dampak masalah yang ditimbulkan,” ujarnya.

Lanjutnya, prevalensi Stunting di Kabupaten Muara Enim dari data pemantauan tumbuh kembang di Posyandu (e-PPGBM) tahun 2022  prevalensi sebesar 2,21 persen (sebanyak 980 balita) yang tersebar di 22 Kecamatan dalam Kabupaten Muara  Enim.

“Sementara data SSGI (Survey Status Gizi Indonesia) tahun 2022 prevalensi stunting di Kabupaten Muara Enim masih 22,82 persen turun dari tahun 2021 yang prevalensinya masih 27,9 persen. Sementara target penurunan stunting secara Nasional tahun 2024 adalah 14 persen,” terangnya.

Sebagai upaya pencegahan dan penurunan  prevalensi stunting di Kabupaten Muara Enim dilakukan kegiatan pencanangan “Gerakan Gemar Makan Telur  Satu Hari Satu Butir” Gerakan Gemar Makan Telur di Kabupaten Muara Enim diikuti oleh seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Percepatan Penurunan Stunting di Gelumbang, Gelar KIE Dihadiri Masyarakat

BACA JUGA:Semangat Luar Biasa Para Perempuan Inspirator dalam Mencegah Stunting

“Gerakan makan telur pada balita Satu Butir Satu Hari merupakan upaya untuk meningkatkan asupan protein hewani pada balita,” bebernya.

Dijelaskannya, telur merupakan sumber protein tinggi dalam pencegahan stunting karena telur selalu tersedia dan mudah didapatkan oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: