Angkat Tema Keluarga Keren Bebas Stunting, BKKBN-TNI AL Kolaborasi Serentak Percepatan Penurunan Stunting

Angkat Tema Keluarga Keren Bebas Stunting, BKKBN-TNI AL Kolaborasi Serentak Percepatan Penurunan Stunting

BKKBN dan TNI AL Gelar Kolaborasi Serentak Percepatan Penurunan Stunting di Daerah. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MAKASSAR, ENIMEKSPRES.CO.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar kolaborasi percepatan penurunan stunting dengan TNI Angkatan Laut (TNI AL) di berbagai daerah, Selasa 18 Juli 2023.

Tema kolaborasi itu adalah Keluarga Keren Bebas Stunting.

Di Sulawesi Selatan, kolaborasi percepatan penurunan stunting antara Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan dengan Komando Armada II Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI dipusatkan di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Bahari Nusantara, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Di Papua, kolaborasi BKKBN Perwakilan Provinsi Papua dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X yang berlangsung di Posyandu Cakalang I, Hamadi-Jayapura.

BACA JUGA:BKKBN Hari Ini Mulai Memutakhirkan Data Keluarga di Seluruh Indonesia

Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan, Shodiqin dalam kegiatan itu  menyampaikan prevalensi stunting di Sulawesi Selatan yang masih di atas rata-rata nasional, yakni 21,6 persen.

Shodiqin mengatakan prevalensi stunting Provinsi Sulawesi Selatan sebesar 27,2 persen.

Sedangkan prevalensi stunting Kota Makassar berada di angka 18,4 persen dan sudah di bawah prevalensi rata-rata nasional.

"Kami berharap melalui kegiatan kolaborasi bersama TNI AL dalam program Keluarga Keren Bebas Stunting ini memberi dampak signifikan dalam percepatan penurunan stunting kepada masyarakat. Target kita pada 2024 adalah 14 persen,” kata Shodiqin.

BACA JUGA:Hari Keluarga Nasional 2023, Dua Gubernur dan Dua Kepala Sekolah Raih Penghargaan dari BKKBN

Dalam sambutannya, Komandan Lantamal VI, Brigadir Jenderal TNI (MAR) Amir Kasman, SE., M.M. yang diwakili Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Rizal Musa Karim, S.E. menyampaikan pentingnya pencegahan stunting sehingga kolaborasi yang dilakukan ini menjadi bentuk nyata TNI AL dalam hal ini Lantamal VI Makassar bagi masyarakat.

"Pentingnya pencegahan stunting menjadi program prioritas nasional saat ini. Hal ini yang menggugah kami dalam membantu pencegahan stunting bagi masyarakat. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan edukasi diawal masa kehamilan dan penyuluhan kepada ibu-ibu yang mempunyai Baduta," ujar Rizal Musa Karim yang membacakan sambutan Danlanal VI.

"Harapannya kegiatan ini dapat menekan gejala stunting pada anak-anak kita dan menjadi generasi penerus bangsa yang dapat membawa bangsa dan negara lebih maju, lebih tangguh dan lebih bermartabat,” ujarnya.

Wali Kota Makassar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan dalam sambutannya menyampaikan komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam percepatan penurunan stunting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: