Tiga Kecamatan Paling Ramai di Kabupaten Muba, Bisa Tebak Kecamatan Apa?

Tiga Kecamatan Paling Ramai di Kabupaten Muba, Bisa Tebak Kecamatan Apa?

--

ENIMEKSPRES.CO.ID,MUBA---Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang dengan ibukota  di Sekayu, merupakan salah satu kabupaten tertua di Provinsi Sumsel. Dahulu Kabupaten Muba adalah kabupaten besar, sebelum mekarnya Kabupaten Banyuasin memisahkan diri dari Kabupaten Muba.

Meski begitu, Kabupaten Muba yang kini memiliki 15 kecamatan ini, penduduknya bertambah ramai. Perekonomian masyarakat disegala sektor terus menggeliat.

Kabupaten Muba juga dikenal sebagai kabupaten penghasil Minyak dan Gas (Migas) dan batubara di Indonesia. Selain itu, Kabupaten Muba juga termasuk kabupaten APBD terbesar di Sumsel.

Dari 15 kecamatan yang dimiliki Kabupaten Muba, terdapat tiga kecamatan yang memilki populasi penduduk paling ramai atau paling padat, ketimbang 12 kecamatan lain.

BACA JUGA:Waduh! Mobil Box Ini Isinya Batu Bara Ilegal, Polisi Langsung Tindak Tegas

Dua diantaranya kecamatan tersebut pusat kecamatannya berada di jalan lintas timur (Jalintim) Palembang-Jambi. Di mana perekonomiannya juga menggeliat, dan bertumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru. 

Berdasarkan data BPS Kabupaten Muba pada 2020, berikut tiga kecamatan yang penduduknya paling ramai atau padat.

Pertama Kecamatan Sekayu memiliki penduduk sebanyak 91.117 jiwa. Kecamatan Sekayu merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Muba. Serta menjadi pusat utama perekonomian masyarakat. 

Kecamatan Sekayu memiliki 14 desa/kelurahan yakni Desa Sungai Medak, Sungai Batang, Desa Sukarami, Kelurahan Soak Baru, Kelurahan Serasan Jaya,  Desa Rimba Ukur, Desa Muara Teladan, Desa Lumpatan II, Lumpatan, Desa Kayuara, desa Bandar Jaya, Desa Bailangu Timur, Kelurahan Balai Agung, dan Desa Bailangu.

BACA JUGA:Rekomendasi: 3 Tempat Wisata di Empat Lawang Sumsel, Nomor 2 Cocok Dikunjungi Bersama Anak-anak

Kota Sekayu, berjarak sekitar 120 Km dari dari Kota Palembang, dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan sekitar 2-3 jam perjalanan darat.

Kedua kecamatan terpadat yakni Kecamatan Bayung Lencir dengan jumlah penduduk sebanyak 75.358 jiwa.

Kecamatan Bayung Lencir pusat pemerintahan kecamatannya berada di jalinsum Palembang-Jambi.

Kecamatan Bayung Lencir merupakan kecamatan ujung dari Kabupaten Muba dan merupakan wilayah perbatasan antara Provinsi Sumsel dan Provinsi Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: