2 Kabupaten Terluas di Sumsel, Bukan PALI Apalagi Empat Lawang. Bisa Tebak Kabupaten Apa?

2 Kabupaten Terluas di Sumsel, Bukan PALI Apalagi Empat Lawang. Bisa Tebak Kabupaten Apa?

--

ENIMEKSPRES.CO.ID,SUMSEL---Provinsi Sumatera Selatan (SUMSEL) salah satu provinsi besar dan punya wilayah yang luas di pulau Sumatera. Dari 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi SUMSEL, terdapat dua kabupaten yang memiliki wilayah yang luas.

Yang pasti dua kabupaten terluas tersebut bukan Kabupaten hasil pemekaran seperti Kabupaten PALI dan Kabupaten Empat Lawang.

Tapi Kabupaten terluas tersebut adalah kabupaten lama, meski mengalami pemekaran tapi tetap punya wilayah yang luas. Dua Kabupaten terluas di Sumsel tersebut yakni pertama Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kedua Kabupaten Musi Banyuasin.

Pertama, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan luas wilayah 17.071,33 Km2. Kabupaten OKI dengan ibukota Kayuagung berjarak sekitar 72 km.

BACA JUGA:Daerah Terjauh di Sumsel Ini Punya Penduduk 192.369 Jiwa dan Berbatasan dengan Provinsi Bengkulu

Kabupaten OKI memiliki wilayah yang luas, dikarenakan tofografinya selain daratan juga memiliki kawasan perairan.

Kabupaten OKI adalah salah satu kabupaten lama yang ada di Sumsel, saat ini memiliki 18 kecamatan, 314 desa dan 13 Kelurahan.

Kabupaten OKI memiliki beberapa sungai besar yakni sungai komering yang mengalir dari Kecamatan Tanjung Lubuk dan bermuara ke sungai musi ke Kota Palembang.

Kemudian sungai Mesuji yang mengalir dari Kecamatan Mesuji hingga ke Kecamatan Sungai Menang, yang menjadi daerah perbatasan Kabupaten OKI dengan Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

BACA JUGA:Cuma 2 Daerah Terjauh di Sumsel Ini yang Tersedia Transportasi Udara

Selain itu, Kabupaten OKI juga banyak memiliki sungai-sungai kecil dan kawasan lebak dibeberapa kecamatan.

Kedua, kabupaten yang memiliki daerah yang luas yakni Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan luas 14 .550,79 km 2. Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dahulu Kabupaten yang dikenal dengan julukan Serasan Sekate ini adalah salah satu kabupaten besar di Sumsel. 

Kabupaten Muba beribukota di Sekayu berjarak sekitar 125 km dari Kota Palembang sebagai ibukota Provinsi Sumsel.

Batas wilayahnya mengelilingi Kota Palembang. Kemudian pada awal 2000, Kabupaten Muba mengalami pemekaran satu kabupaten baru yakni Kabupaten Banyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: