Tiga Daerah Penyangga Kota Palembang. Punya Mall, Hotel Berbintang dan Jalan Tol. Bisa Tebak Daerah Apa Saja?

Tiga Daerah Penyangga Kota Palembang. Punya Mall, Hotel Berbintang dan Jalan Tol. Bisa Tebak Daerah Apa  Saja?

Suasana Opi Mall (foto ist)--

SUMSEL, ENIMEKSPRES.CO.ID - Kota Palembang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan, yang terus mengalami kemajuan dan berkembang dengan pesat. Kemajuan Kota Palembang tersebut, tentunya juga tidak terlepas dari daerah sekitar atau daerah penyangga Kota Palembang.

Setidaknya ada tiga daerah atau kabupaten yang bisa dikatakan sebagai daerah penyangga kemajuan dari Kota Palembang. Pertama, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Adapun beberapa fasilitas yang ada sebagai daerah penyangga Kota Palembang yakni Mall, hotel berbintang hingga akses jalan tol.

Adapun daerah penyangga pertama bagi Kota Palembang yakni Kabupaten Banyuasin. Kabupaten Banyuasin adalah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

BACA JUGA:Cuma 2 Jam dari Palembang, Ada Wisata Religi Masjid dengan Dua Icon Memesona. Ke Sekayu Bisa Sekalian Mampir

Dengan luas wilayah yang besar, wilayah perbatasan Kabupaten Banyuasian banyak berbatasan langsung dengan Kota Palembang. Mulai dari Km 12 Palembang, hingga di kawasan Jakabaring Palembang.

Seperti halnya di kawasan Jakabaring, di daerah Jakabaring tersebut terdapat sebuah mall dan hotel berbintang yang masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuasin. Yakni Opi Mall, serta ada hotel  berbintang yakni Whyndam OPI Hotel dan OPI Hotel. 

Selain itu, Kabupaten Banyuasin juga memiliki akses jalan tol yang sekarang dalam tahap penyelesaian yakni akses jalan tol Keramasan (Palembang) tembus ke Pangkalan Balai (Ibukota Banyuasin) hingga ke Betung yang juga masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuasin.

Daerah penyangga Kota Palembang yang kedua yakni Kabupaten Ogan Ilir. Sebagai kabupaten penyangga, Kabupaten Ogan Ilir memiliki fasilitas akses jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) sepanjang 21 Km.

BACA JUGA:Bukan Pagaralam Ataupun Lubuklinggau, Ternyata Ini Daerah Terjauh di Sumsel

Akses transportasi dari Indralaya ke Palembang semakin mudah dan lancar. Lewat jalan tol dari Palembang ke Indralaya atau sebaliknya hanya 10-15 menit.

Setimbang lewat jalan nasional, yang dahulu sering macet bisa tembus 30 menit hingga satu jam lebih.

Sebagai daerah penyangga, Kabupaten Ogan Ilir juga sangat strategis. Hal ini dikarenakan, kampung Universitas Sriwijaya (Unsri) berada di Indralaya yang menjadi ibukota Kabupaten Ogan Ilir.

Hampir rata-rata mahasiswa Unsri di sana berasal dari Kota Palembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: